Livestreaming

Militer AS Kembangkan Sepeda Terbang ala Star Wars

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 09 Sep 2016 15:35 WIB
teknologi
Militer AS Kembangkan Sepeda Terbang ala Star Wars
Speeder milik Imperial Army di Star Wars Episode VI: Return of The Jedi

Metrotvnews.com: Penggemar Star Wars pastinya sudah tidak asing lagi dengan kendaraan hoverbike yang bernama Speeder. Kendaraan seperti sepeda motor terbang tersebut ternyata akan dibuat versi nyatanya oleh militer Amerika Serikat.

Menurut BGR, militer AS akan menggunakan hoverbike ala Star Wars tersebut sebagai kendaraan pengantar suplai di medan pertempuran.

Tidak sekadar mengantar suplai untuk prajurit militer AS di medan pertempuran, sepeda terbang ini juga akan menjadi alat angkut personel militer AS. Hoverbike rancangan militer AS memiliki tiga mode penggunaan. 

Pertama, hoverbike ini bisa dikendalikan penuh oleh pengemudinya layaknya sebuah sepeda motor. Kedua hoverbike ini bisa dikendalikan dari jarak jauh atau secara otomatis layaknya drone. Mode kedua ini sangat berguna untuk pengiriman suplai ke garis depan pertempuran. Sementara mode ketiga, hoverbike bisa terbang secara otomatis sambil mengangkut personel militer.



Hoverbike yang kini berada di bawah pengembangan militer AS sebenarnya merupakan proyek garasi yang digagas di Australia. Penggagasnya, Chris Malloy, pertama kali membuat hoverbike sebagai sebuah hobi. Ia memang suka dengan drone, dan memiliki ide untuk membuat sebuah hoverbike menggunakan empat baling-baling layaknya drone quadcopter.

Untuk saat ini, versi prototipe milik militer AS sudah bisa terbang selama 45 menit dengan kecepatan hingga 160 Km/jam. Hoverbike tersebut juga telah bisa membawa beban hingga 136Kg. Militer AS menargetkan hoverbike ini bisa mengirimkan suplai ke pasukan garis depan hanya dalam waktu 30 menit.


(MMI)

Video /