Selama Lebaran, XL Axiata Catat Lonjakan Trafik Data 95%

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 19 Jun 2018 22:37 WIB
xltelekomunikasi
Selama Lebaran, XL Axiata Catat Lonjakan Trafik Data 95%
Petugas teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS 4G yang berada di ruas Jalan Tol Padaleunyi,Bandung.

Jakarta: XL Axiata melaporkan bahwa lonjakan trafik layanan data selama momen liburan Lebaran yakni mulai tanggal 8-17 Juni 2018 menjadi yang tertinggi di periode tahun ini, sekaligus dibandingkan tahun lalu.

XL Axiata mencatat terjadi lonjakan trafik data hingga sekitar 30 persen dibanding hari biasa, dan 95 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara, khusus untuk trafik layanan 4G naik hingga 45 persen. XL Axiata menambahkan informasi bahwa Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi oleh trafik data streaming (video dan musik) mencapai 47 persen.

Kemudian informasi lain disebutkan juga Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16 persen, instant messaging 13 persen, dan media sosial 12 persen.

Menurut Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya kenaikan trafik data di Lebaran kali ini merupakan kelanjutan dari tren kenaikan data dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, untuk layanan VoIP atau voice call berbasis internet naik 20 persen. XL Axiata menuturkan bahwa bersama instant messaging, VoIP saat ini menjadi pilihan masyarakat pada umumnya sebagai pengganti layanan SMS dan voice/telepon.

Kedua layanan ini menjadi pilihan mengirimkan ucapan Ramadan dan Lebaran, XL Axiata mencatat penggunaan aplikasi Facebook Messenger meningkat hingga 55 persen, Google Duo 20 persen, Hangout 16 persen, dan Whatsapp 15 persen.

XL Axiata juga menemukan kenaikan trafik yang sangat signifikan juga terjadi pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Map, yaitu masing-masing 55 persen dan 135 persen.

Hal ini menunjukkan semakin banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan pulang kampung mendorong pemanfaatan peta jalan darat digital yang kini semakin mudah diakses melalui smartphone.

Dari sisi lokasi, kenaikan trafik data tertinggi terjadi di area Tasikmalaya sebesar 115 persen, Kuningan 110 persen. Selanjutnya Sampang - Madura dan Balikpapan masing-masing 95 persen, Garut 90 persen, Banyuwangi 77 persen dan Sumenep - Madura 75 persen.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.