Kompetitor Apple iPad dari Microsoft Muncul Rabu Ini

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 10 Jul 2018 11:14 WIB
microsoft
Kompetitor Apple iPad dari Microsoft Muncul Rabu Ini
Microsoft tablet Surface terjangkau akan diluncurkan Rabu ini dan mulai dipasarkan pada Jumat mendatang.

Jakarta: Pada bulan Mei lalu, beredar laporan menyebut bahwa Microsoft akan menghadirkan kompetitor Apple iPad, berupa tablet seri Surface seharga USD400 (Rp5,7 juta). Minggu lalu, tablet yang dirumorkan bernama Surface Go!, muncul di situs FCC.

Kini, beredar teaser via akun Twitter Surface resmi mengindikasikan bahwa pesaing iPad ini akan diumumkan hari Rabu ini. Berdasarkan gambar teaser ini, tersemat tanggal Selasa, 10 Juli, mendampingi gambar lini Surface.

Tablet ini dilaporkan mengusung layar berukuran 10 inci, bersudut membulat, dan prosesor Intel Pentium. Selain itu, turut beredar informasi yang menyebut bahwa tablet Surface ini akan dipasarkan di Microsoft Store pada hari Jumat mendatang.

Rumor sebelumnya menyebut terdapat dua versi tablet ini, dengan ruang penyimpan berkapasitas 64GB dan 128GB. Tablet ini juga disebut akan menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro, dan Microsoft akan menghadirkan lini aksesori berharga lebih terjangkau untuk tablet ini.

Aksesori untuk tablet berharga terjangkau ini tersebut termasuk Surface Pen, Cover dengan keyboard QWERTY dan Mouse. Microsoft turut menampilkan gambar yang telah beredar sebelumnya pada teaser ini, meski tidak didampingi informasi tanggal dan waktu peluncuran.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa penggemar perangkat Microsoft membuat petisi berjudul "Tunjukan pada Microsoft tingginya permintaan akan Surface Phone atau Andromeda", guna mendorong Microsoft untuk tetap mengembangkan Surface Phone.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.