Pengguna iPhone Bisa Laporkan Panggilan dan Teks Spam di iOS 12

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 11 Jun 2018 10:34 WIB
apple
Pengguna iPhone Bisa Laporkan Panggilan dan Teks Spam di iOS 12
Apple iOS 12 memungkinkan pengembang ketiga mengembangkan ekstensi aplikasi pelapor pesan teks dan panggilan spam.

Jakarta: Apple tidak menyebutkan informasi ini saat meluncurkan iOS 12 pada ajang WWDC lalu, namun pada situs Developer miliknya, Apple mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna melaporkan panggilan dan pesan teks spam, atau memblokir nomor ponsel melalui aplikasi pihak ketiga.

Pengembang aplikasi pemblokir nomor ponsel tersebut juga akna mampu membuat ekstensi aplikasi yang menambahkan opsi bernama "Unwanted Communications" pada aplikasi Settings.

Opsi ini akan dapat diaktifkan secara manual oleh pengguna untuk dapat melaporkan panggilan telepon atau pesan teks yang tidak diinginkan.

Dengan aktifnya opsi tersebut, pengguna dapat melaporkan panggilan telepon tertentu pada tab Recent dengan mengusap ke arah kiri dan mengetuk pilihan Report. Untuk melaporkan SMS spam, pengguna perlu menekan tombol Report Messages saat muncul pada transkrip Messages.

Cara lain untuk melaporkan pesan adalah dengan menekannya selama beberapa saat, pilih pesan tambahan dan klik Report Messages.

Saat panggilan telepon atau pesan SMS dilaporkan, aplikasi akan meluncurkan ekstensinya untuk menghimpun lebih banyak informasi dari pengguna dan kemudian menentukan nomor perlu dilaporkan atau diblokir.

Nomor yang telah diblokir akan muncul pada daftar Blocked Contact di perangkat, yang dapat dikelola oleh pengguna di aplikasi Settings. Kemampuan untuk melaporkan pesan teks atau panggilan telepon spam ini telah merupakah fitur yang diminta oleh Telecom Regulatory Authority of India (TRAI).

Badan regulasi telekomunikasi India ini meluncurkan aplikasi pihak ketiga pada tahun 2016 lalu, memungkinkan pengguna perangkat Android untuk melaporkan komunikasi yang tidak diinginkan.

Apple menolak untuk mengizinkan aplikasi ini digunakan oleh pengguna iPhone, dengan mencegah TRAI memperoleh akses ke daftar panggilan dan pesan, guna melindungi pelanggannya.

Apple telah menghadirkan akses pada iOS 12, memungkinkan pengembang untuk menciptakan aplikasi yang akan membantu menyelesaikan permasalahan ini. Fitur baru tersebut sangat dibutuhkan di India, lokasi konsumen di negara tersebut menerima lima hingga 10 panggilan telepon dan pesan teks spam per hari.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.