Apple Terima Paten Teknologi Layar Berbentuk Lingkaran

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 10 May 2018 11:47 WIB
apple
Apple Terima Paten Teknologi Layar Berbentuk Lingkaran
Apple menerima paten teknologi untuk layar berbentuk lingkaran.

Jakarta: Apple dilaporkan menerima izin paten untuk teknologi yang dirancang untuk layar dengan bentuk lingkaran. Paten ini terdaftar di badan regulasi terkait dengan kode nama U.S. Patent 9965995 dan bertajuk perangkat elektronik dengan layar bertepian berlekuk.

Berdasarkan namanya, paten digambarkan sebagai teknologi yang dapat digunakan untuk memproduksi layar lingkaran, dan dapat digunakan pada smartwatch Apple alih-alih pada layar berbentuk persegi.

Berdasarkan gambar di dokumen paten, Apple diperkirakan mempertimbangkan jam tangan cerdasnya saat mendaftarkan dokumen paten tersebut.

Tanggal pendaftaran paten yaitu satu bulan setelah perilisan Appe Watch turut mengindikasikan bahwa paten tersebut merupakan teknologi yang saat ini tengah dikembangkan oleh raksasa teknologi ini.

Apple juga dikabarkan mendaftarkan proteksi paten untuk berjaga-jaga saat perusahaannya menawarkan desain Apple Watch baru dengan layar berbentuk lingkaran.

Paten dengan teknologi ini dibutuhkan untuk memperbaiki permasalahan yang dialami oleh layar berbentuk lingkaran.

Sebagai contoh, piksel pada layar persegi tidak dapat secara efektif sesuai pada perangkat berbentuk lingkaran. Dokumen tersebut juga menjelaskan rencana Apple dapat memanfaatkan teknologi tersebut.

Sejumlah perangkat yang disebutkan pada dokumen paten termasuk wristband, liontin, headphone atau earphone, dan kacamata. Mengingat kacamata berteknologi Augmented Reality (AR) Apple yang akan diluncurkan dalam satu atau dua tahun mendatang, teknologi ini terlindungi oleh paten ini juga akan digunakan untuk perangkat wearable selain Apple Watch baru.

Sementara itu selain paten ini yang turut menyebutkan kacamata berteknologi AR, pada bulan lalu, Apple juga menerima paten yang akan digunakan untuk mendukung sistem pelacakan mata, yang dirancang untuk perangkat yang diperkirakan akan disebut sebagai Apple Glass.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.