Skor DxOMark Kamera ASUS ZenFone 5 Kejar iPhone 8

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 17 May 2018 11:42 WIB
asuszenfone 5
Skor DxOMark Kamera ASUS ZenFone 5 Kejar iPhone 8
ASUS ZenFone 5.

Jakarta: Smartphone terbaru ASUS yakni ZenFone 5 baru akan dirilis di Indonesia hari ini. Momen tersebut bertepatan dengan dirilisnya hasil penilaian kameranya oleh DxOMark.

Dalam situs resminya, diumumkan bawa ASUS ZenFone 5 berhasil mendapatkan skor keseluruhan mencapai 90, hasil skor tersebut membuat smartphone ini berada di posisi ke-11, persis di belakang iPhone 8 yang memiliki skor 92. Sementara posisi teratas dengan skor tertinggi masih dipimpin oleh Huawei P20 Pro.

Lebih detil lagi, DxOMArk melakukan pengujian untuk kemampuan fotografi dan video menggunakan kamera belakangnya sehingga ada skor terpisah untuk pengujian foto dan video. Untuk skor pengujian foto ASUS ZenFone 5 mendapatkan skor 93 dan pengujian video skornya mencapai 86.



Perlu diketahui bahwa skor pengujian tersebut dilakukan terhadap kualitas kamera belakang ASUS Zenfone 5, yakni kamera ganda yang memadukan 12MP dengan sensor 1/2,55 inci dan bukaan lensa atau aperture f/1.8 serta kamera 8MP dengan sensor 1,4 inci dan aperture f2.2.

Selain itu kamera ganda tersebut juga didukung oleh optical image stabilization serta dual-pixel autofocus di lensa utama serta tidak ketinggalan dual LED flash. Pihak DxOMark menyerbutkan pengujian dilakukan lewat lebih dari 1500 foto yang diambil dalam kondisi indoor dan outdoor.

Dari skori pengujian untuk foto, DxOMark mencatat nilai tertinggi dari ASUS ZenFone 5 diperoleh pada asepk exposure dan kontras dengan skor 92, warna skor 86, dan kemampuan autofocus dengan skor 98.

Aspek kualitas foto dari hasil kemampuan zooming atau perbesaran mendapatkan skor yang paling rendah yakni 27. Menurut DxOMark hal ini ditemukan pada hasil perbesaran yang memperlihatkan begitu banyak detil dari objek foto yang hilang serta noise yang terlihat cukup banyak.

Menurut mereka hal ini disebabkan oleh penggunaan lensa super-wide-angle ketimbang lensa tele pada kamera ganda ASUS ZenFone 5. DxOMark memberikan kesimpulan bahwa ASUS ZenFone 5 tergolong smartphone dengan kemampuan kamera yang sangat baik untuk segmen mid-range.

ASUS ZenFone 5 hadir menggunakan dapur pacu prosesor Qualcomm Snapdragon 636 dengan varian kapasitas RAM 4GB dan 6GB serta kapasitas memori internal 64GB, yang membawa layar berukuran 6,2 inci dengan tampilan notch serta kamera depan 8MP.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.