Pencadangan WhatsApp di Google Drive Tanpa Enkripsi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 30 Aug 2018 12:56 WIB
googlewhatsapp
Pencadangan WhatsApp di Google Drive Tanpa Enkripsi
Data backup WhatsApp yang tersimpan di Drive tidak dilindungi enkripsi.

Jakarta: WhatsApp memperingatkan para pengguna, jika mereka menyimpan data backup di Google Drive, pesan-pesan itu tidak lagi terlindungi enkripsi end-to-end.

Beberapa minggu lalu, WhatsApp dan Google membuat perjanjian kerja sama sehingga pesan WhatsApp yang disimpan di Google Drive tidak akan menghabiskan kuota storage pengguna, seperti yang disebutkan oleh ZDNet.

Sementara para pengguna iPhone bisa menyimpan data backup di iCLoud, pengguna Android biasanya menyimpan data backup di Google Drive.

Meskipun pengguna Android bisa menyimpan data backup di Drive tanpa menghabiskan kuota storage mereka, WhatsApp mengingatkan bahwa chat dan konten yang tersimpan di Drive tidak akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

Sebagian pengguna mungkin menganggap layanan backup akan menawarkan perlindungan data yang sama. Sayangnya, data backup WhatsApp yang tersimpan di Drive tidak akan dilindungi enkripsi. Ini adalah hal penting bagi orang-orang yang peduli tentang keamanan datanya.

"Pesan dan media yang Anda simpan pada backup tidak terlindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp selama tersimpan di Drive," kata WhatsApp.

Semakin banyak orang yang memanfaatkan fitur backup untuk menyimpan pesan-pesannya. Ini akan memudahkan ketika mereka hendak mengganti smartphone atau ketika smartphone mereka hilang.


(MMI)

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?
Review Smartphone

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?

10 hours Ago

Seperti apakah Xiaomi Mi A2 Lite? Apakah ponsel ini bisa memikat hati? Berikut ulasan Medc…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.