Kolaborasi NZXT dan Seasonic di PSU Digital E Series

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 18 Jul 2018 11:44 WIB
hardware
Kolaborasi NZXT dan Seasonic di PSU Digital E Series
PSU digital NZXT 'E Series

Jakarta: Produsen komponen NZXT mengumumkan kehadiran produk terbarunya dari jenis PSU (power supply unit) yakni digital PSU E Series.

NZXT E Series merupakan produk PSU digital dengan fitur real-time control dan power monitoring untuk motherboard ATX. Dalam NZXT "E Series" tersedia tiga jenis produk yang terdiri dari kapasitas 500W, 650W, dan 850W bersertifikasi 80+ Gold.

Kehadiran fitur pintar real-time control dan power monitoring di produk NZXT E Series merupakan hasil kolaborasi NZXT dengan Seasonic yang sudah dikenal sebagai manufaktur perangkat PSU lewat dukungan Seasonic Focus + Gold dan arsitektur PMBus.

Fitur tersebut diklaim mampu menyediakan informasi indikator real-time dari tiga buah rail voltase 12V, serta informasi lain seperti suhu selama pengoperasian serta banyak lagi lewat software pendukung bernama CAM yang sudah disiapkan oleh NZXT.

Tidak hanya dengan Seasonic, NZXT juga menggandeng Texas Instruments menyediakan fitur konektivitas DSP dan dan USB di produk NZXT E Series. Jadi produk PSU pertama NZXT merupakan hasil kolanborasi dengan beragam pemain di bidang industri perangkat PSU.

Kehadiran konektivitas USB port sendiri memang khusus untuk menghubungkan PSU ke PC, sehingga diperoleh informasi kinerja NZXT E Series lewat software CAM.

Dari sisi perlindungan kinerjanya, PSU digital NZXT E Series dilengkapi dengan kemampuan multi-rail yang membuat produk ini mendapatkan fitur OCP (Over Current Protection) untuk output rail 12V dan bisa dikonfigurasikan langsung lewat software CAM.

Mengusung desain modular, PSU NZXT "E Series" juga memiliki performa 0dB yang artinya apunya tingkat kebisingan senyap saat beban kerjanya berada di bawah 100W.

NZXT merilis ketiga produknya dengan harga berbeda yakni USD120 (Rp1,7 juta) untuk E500, USD130 (Rp1,8 juta) untuk E650, dan terakhir USD150 (2,1 juta) untuk seri tertinggi yaitu E850. NZXT mengklaim membanderol produknya dengan garansi hingga 10 tahun.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.