Xiaomi Rilis Mi Band 3, Masih Tetap Murah

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 01 Jun 2018 17:27 WIB
xiaomi
Xiaomi Rilis Mi Band 3, Masih Tetap Murah
Xiaomi Mi Band 3.

Jakarta: Xiaomi kembali merilis seri terbaru Mi Band. Mi Band 3 menjadi seri keempat dari perangkat wearable Xiaomi yang kemarin diluncurkan bersama tiga varian smartphone Xiaomi Mi 8.

Sebelumnya sudah ada Mi Band 1, Mi Band 1s dan Mi Band 2. Mi Band 3 sendiri pernah muncul di hadapan publik saat dikenakan Lei Jun dalam peluncuran smarpthone gaming Xiaomi Black Shark.

Dikutip dari GSM Arena, saat itu Lei Jun tengah melakukan hands-on selama dua sampai tiga bulan, dan dia mengklaim bahwa Mi Band 3 jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Mi Band 3 disebut dijual dengan harga sedikit lebih mahal dari Mi Band 2, tapi tetap sangat murah untuk sebuah wearable, hanya Rp400 ribu dan Rp300 ribu.

Perbedaan harga tersebut karena pada Mi Band kali ini tersedia fitur NFC. Melihat tampilamnya memang sekilas tidak ada yang berbeda. Mi Band 3 masih mendukung raise to wake yang secara otomatis akan menyala saat Anda mengangkat pergelangan dan menatap layarnya.

Panel layar Mi Band 3 masih menggunakan panel OLED tapi dengan ukuran layar yang lebih besar yakni 0,78 inci dengan resolusi 128 x 80p, berbeda dari Mi Band 2 yang berukuran 0,42 inci. Pada bagian belakangnya tetap terdapat sensor detak jantung.

Kapasitas baterainya juga meningkat menjadi 110 mAh yang diklaim mampu bertahan selama 20 hari, dan fitur water resistant Mi Band 3 kini hadir dengan kemampuan bertahan hingga kedalaman 50 meter. Dari sisi konektivitas perangkat ini menyediakan koneksi Bluetooth 4.2 LE.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.