Pangsa Pasar AMD Meningkat Sejak Ryzen Dirilis

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 10 Aug 2017 23:07 WIB
amdintel
Pangsa Pasar AMD Meningkat Sejak Ryzen Dirilis
Persaingan AMD dan Intel semakin sengit

Metrotvnews.com: AMD mulai berhasil meningkatkan pangsa pasarnya di lini prosesor PC melawan Intel. Menurut data dari PassMark, jumlah pengguna prosesor AMD telah meningkat dari 20,2 persen di Q2 2017 menjadi 22,5 persen di Q3 2017. Pangsa pasar AMD juga terpantau terus meningkat sejak Q1 2017, yaitu saat Ryzen mulai dirilis di pasar.

Sebaliknya, Intel justru semakin kehilangan pangsa pasarnya. Penurunan penguasaan pasar mulai terlihat tajam pada Q1 2017 dengan selisih mencapai 4,3 persen jika dibandingkan dengan Q3 2017. Meski demikian, Intel masih jauh mendominasi AMD dengan selisih penguasaan pasar mencapai lebih dari 55 persen atau dengan total penguasaan pasar masih berada di angka 77,6 persen.



Sementara itu, penguasaan pasar AMD masih berada di angka 22,4 persen saat ini. Agar bisa mendahului Intel, AMD memang masih butuh waktu serta usaha yang tidak sedikit. Meski demikian, hal tersebut bukanlah mustahil mengingat AMD hampir menyusul penguasaan pasar Intel pada tahun 2006.

Selama AMD terus menelurkan produk berkualitas dengan harga yang bersaing seperti Ryzen, menyusul penguasaan pasar Intel hanya tinggal menunggu waktu.

Di sisi lain, Intel sudah seharusnya waspada dan mulai memikirkan langkah selanjutnya secara lebih serius lagi. Untuk mempertahankan tahtanya saat ini, Intel hanya perlu melakukan satu hal, yaitu membuktikan bahwa produknya lebih layak dibeli dari AMD. Persaingan kali ini justru menarik karena dua belah pihak akan saling beradu inovasi dan pada akhirnya menguntungkan konsumen.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.