Intel Myriad X, Prosesor Spesialis Kecerdasan Buatan

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 07 Sep 2017 16:37 WIB
intel
Intel Myriad X, Prosesor Spesialis Kecerdasan Buatan
Prosesor Intel Myriad X (foto: Intel)

Metrotvnews.com: Intel baru saja memperkenalkan prosesor baru bernama Myriad X yang dibuat khusus untuk penggunaan di ranah kecerdasan buatan (AI). Myriad X bahkan diklaim sebagai prosesor pertama dengan teknologi Neural Compute Engine yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI tinggi namun memiliki konsumsi daya yang rendah.

Myriad X dikategorikan sebagai VPU (Vision Processing Unit) dan dirancang khusus agar bisa digunakan di berbagai perangkat cerdas ke depannya. Intel mengatakan jumlah perangkat cerdas akan terus bertambah ke depan, mulai dari drone dan smart camera hingga augmented reality. Perangkat tersebut membutuhkan kemampuan untuk melihat, mengerti, berinteraksi dan beradaptasi dengan cepat dalam sebuah keadaan.

Myriad X menggabungkan teknologi pencitraan khusus, computer vision processing dan Neural Compute Engine yang akan memberikan performa maksimal di dalam chip yang sama. Dengan kecepatan lebih tinggi yang tertanam di perangkat, hal ini akan meningkatkan potensi untuk membuat dunia lebih aman, produktif, dan personal. 

Hingga saat ini, kebanyakan perangkat cerdas memang membutuhkan koneksi dengan internet sehingga pemrosesan informasi bisa dilakukan di cloud. Namun metode tersebut memiliki banyak batasan, salah satunya adalah sangat bergantung pada koneksi internet. Teknologi VPU menghilangkan keterbatasan tersebut sehingga pengolahan data bisa dilakukan secara independen.


(MMI)

Video /