Bobol Instagram, Hacker Curi Informasi Akun Selebritas

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 31 Aug 2017 10:19 WIB
instagramcyber security
Bobol Instagram, Hacker Curi Informasi Akun Selebritas
Instagram punya celah untuk hacker

Metrotvnews.com: Sebuah celah keamanan dari aplikasi Instagram memungkinkan hacker mencuri nomor telepon dan alamat email dari beberapa akun terkenal.

Berdasarkan keterangan dari pihak Instagram, celah keamanan tersebut ditemukan baru-baru ini dalam API yang menjadi wadah Instagram berkomunikasi dengan aplikasi lainnya. Pihak Instagram menolak menjelaskan lebih rinci, akun siapa saja yang telah dibobol.

Beberapa pihak menduga, hacker tersebut telah berhasil mencuri informasi pribadi salah satu penyanyi yang belum lama ini akunnya dibobol, Selena Gomez. Bukti pendukungnya adalah akun tersebut dibobol dua hari setelah pengumuman dari Instagram ini.

"Kami belum lama ini menemukan seseorang atau lebih dari satu orang mendapatkan akses secara ilegal terhadap infromasi pribadi akun ternama. Lebih spesifiknya, nomor telepon dan alamat email," ungkap Instagram dikutip dari The Verge.

"Tidak ada password yang dibobol, mereka memanfaatkan celah di API. Kami telah memperbaiki celah ini dan mulai menggelar investigasi."

Instagram juga mengatakan telah memberitahu para pemilik akun dengan dengan status verified terhadap kemunkinan kebocoran data yang mereka alami. Para pemilik akun diminta waspada ketika mendapatkan email, telepon, atau pesan singkat dari pihak yang tidak dikenal. 

Setidaknya dalam satu kasus, hacker bisa memanfaatkan bug dari beberapa akun, walaupun Instagram enggan menjelaskan akun mana saja yang memiliki celah ini. Informasi sensitif berupa nomor telepon dan alamat email bisa menjadi jembatan untuk mendapatkan akses penuh ke akun media sosial. Informasi tambahan, teknik ini tidak hanya berlaku untuk Instagram. 


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

21 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.