Berkembang, Apple Buka Lowongan Kerja untuk Divisi GPU

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 11 Apr 2017 09:22 WIB
apple
Berkembang, Apple Buka Lowongan Kerja untuk Divisi GPU
Apple mulai membuka penerimaan pegawai untuk membantu mengembangkan GPU karyanya.

Metrotvnews.com: Setelah menghentikan kerja sama dengan produsen chips grafis Imagination Technologies, Apple dilaporkan tengah mencari teknisi untuk membantunya dalam merancang dan mengembangkan chip GPU karyanya.

Phone Arena melaporkan, Apple mengumumkan penerimaan pegawai baru sebanyak 11 posisi teknisi hardware. Pada posisi Engineering Program Manager, tercantum referensi yang menyebut untuk mendukung tim desain grafis baru.

Sementara itu pada posisi lain, tercantum kriteria bagi pegawai yang memiliki pemahaman mendalam terkait dengan detil desain micro-arsitektur, dan cara kerjanya dalam GPU secara lebih luas. Namun, hingga saat ini, Apple masih enggan berbagi cerita terkait dengan alasan di balik keputusannya untuk memproduksi GPU sendiri.

Apple diperkirakan ingin memegang kendali terkait dengan GPU pada perangkatnya, setara dengan kendali yang saat ini dimilikinya pada prosesor utama Seri A karyanya. Prosesor Seri A merupakan chipset yang dirancang oleh Apple, dan diproduksi oleh Samsung dan TSMC.

Keputusan Apple untuk memproduksi GPU karyanya sendiri menjadi pukulan keras bagi Imagination Technologies. Sebab Apple merupakan kontributor pendapatan terbesar untuk perusahaan ini, sebesar separuh dari total keseluruhan pendapatannya.

Akibat penghentian kerjasama tersebut, nilai saham perusahaan ini menurun sebesar 66 persen. Namun, Imagination Technologies menyebut meragukan kemampuan Apple dalam memproduksi chip GPU karyanya sendiri, tanpa melakukan pelanggaran terhadap paten miliknya.

Sebelumnya, Apple juga telah merekrut 25 pegawai dan eksekutif dari Imagination Technologies, pemicu munculnya rumor terkait rencana Apple dalam mengembangkan desain dan memproduksi chip GPU karyanya, pada Oktober 2016 lalu.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.