Berkembang, Apple Buka Lowongan Kerja untuk Divisi GPU

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 11 Apr 2017 09:22 WIB
apple
Berkembang, Apple Buka Lowongan Kerja untuk Divisi GPU
Apple mulai membuka penerimaan pegawai untuk membantu mengembangkan GPU karyanya.

Metrotvnews.com: Setelah menghentikan kerja sama dengan produsen chips grafis Imagination Technologies, Apple dilaporkan tengah mencari teknisi untuk membantunya dalam merancang dan mengembangkan chip GPU karyanya.

Phone Arena melaporkan, Apple mengumumkan penerimaan pegawai baru sebanyak 11 posisi teknisi hardware. Pada posisi Engineering Program Manager, tercantum referensi yang menyebut untuk mendukung tim desain grafis baru.

Sementara itu pada posisi lain, tercantum kriteria bagi pegawai yang memiliki pemahaman mendalam terkait dengan detil desain micro-arsitektur, dan cara kerjanya dalam GPU secara lebih luas. Namun, hingga saat ini, Apple masih enggan berbagi cerita terkait dengan alasan di balik keputusannya untuk memproduksi GPU sendiri.

Apple diperkirakan ingin memegang kendali terkait dengan GPU pada perangkatnya, setara dengan kendali yang saat ini dimilikinya pada prosesor utama Seri A karyanya. Prosesor Seri A merupakan chipset yang dirancang oleh Apple, dan diproduksi oleh Samsung dan TSMC.

Keputusan Apple untuk memproduksi GPU karyanya sendiri menjadi pukulan keras bagi Imagination Technologies. Sebab Apple merupakan kontributor pendapatan terbesar untuk perusahaan ini, sebesar separuh dari total keseluruhan pendapatannya.

Akibat penghentian kerjasama tersebut, nilai saham perusahaan ini menurun sebesar 66 persen. Namun, Imagination Technologies menyebut meragukan kemampuan Apple dalam memproduksi chip GPU karyanya sendiri, tanpa melakukan pelanggaran terhadap paten miliknya.

Sebelumnya, Apple juga telah merekrut 25 pegawai dan eksekutif dari Imagination Technologies, pemicu munculnya rumor terkait rencana Apple dalam mengembangkan desain dan memproduksi chip GPU karyanya, pada Oktober 2016 lalu.


(MMI)

Video /