Matikan Groove Music, Microsoft Kini Gandeng Spotify

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 03 Oct 2017 10:37 WIB
microsoftspotify
Matikan Groove Music, Microsoft Kini Gandeng Spotify
Microsoft kini mengganti Groove dengan Spotify.

Metrotvnews.com: Microsoft mengganti nama Xbox Music menjadi Groove Music dua tahun lalu. Tujuannya adalah untuk membuat layanan musik streaming miliknya menjadi lebih relevan pada konsumen.

Meskipun begitu, Microsoft tetap kurang sukses. Banyak pelanggan Microsoft yang tidak tahu tentang keberadaan Groove. Kini, Microsoft memutuskan untuk menghentikan layanan musiknya dan menggandeng Spotify, lapor The Verge

Aplikasi Groove Music akan menawarkan penggunanya memindahkan koleksi mereka melalui sebuah update untuk WIndows 10. Para penguji Windows alias Windows Insider bisa mendapatkan update itu minggu ini. Sementara pengguna biasa baru akan mendapatkannya pada 9 Oktober mendatang. 

Pelanggan Groove Music Pass akan memiliki opsi untuk melakukan migrasi ke Spotify sampai setidaknya 31 Januari. Untuk pelanggan yang telah membayar sampai lebih dari Desember, mereka akan mendapatkan pengembalian dana sesuai dengan sisa waktu berlangganannya. Aplikasi Groove tetap berfungsi untuk mendengarkan musik yang telah diunduh atau musik lain yang disimpan pada perangkat. 

Mengingat Spotify adalah layanan musik streaming dengan jumlah pengguna paling banyak, tidak heran jika Microsoft memutuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan itu. Selain itu, Microsoft juga baru saja membuat Xbox One bisa mengakses Spotify.

Keputusan Microsoft ini juga menjadi bukti bahwa industri musik online kini telah didominasi oleh 2 perusahaan besar yaitu Spotify dan Apple. Bahkan Microsoft, yang mendominasi industri PC, kesulitan untuk membuat orang-orang menggunakan layanan buatannya. 


(MMI)

Video /