Tahun 2023, Semua Orang Pakai Internet untuk Konten Video

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 04 Dec 2017 12:09 WIB
internet
Tahun 2023, Semua Orang Pakai Internet untuk Konten Video
Konten video sudah sejak beberapa tahun belakang diprediksi semakin banyak dikonsumsi. foto: CNET

Jakarta: Di tahun 2023 diprediksi semua pengguna internet di dunia akan menggunakan internet lebih banyak untuk menyaksikan konten video. Lebih dari separuh market share penggunaan internet ditujukan untuk akses video ketimbang media sosial.

Dilaporkan Recode berdasarkan hasil riset Ericsson. Jumlah konsumsi internet juga ikut membesar. Jika di tahun 2017 kita menghabiskan 14 exabytes per bulan maka di tahun 2023 konsumsi internet di dunia bisa mencapai 110 Exabytes per bulan. Angka tersebut meningkat sebanyak 14 kali dari 2017.

Ericsson menyebutkan bahwa 110 exabytes setara untuk konsumsi video kualitas HD selama 5,5 juta tahun secara streaming. Dalam infografis yang ditampilkan bahwa konsumsi internet untuk video memang sudah cukup besar sejak tahun 2017 dan bertambah besar lagi di 2023.



Begitu juga dengan konsumsi internet untuk media sosial, namun porsinya tidak pernah lebih besar dari konsumsi untuk video. Selain itu konsumsi internet untuk sekadar berselancar di internet juga jumlahnya semakin sedikit di tahun 2023.

Lantas, apa arti riset ini? Ericsson menjelaskan bahwa hasil riset ini menandakan bahwa pengguna internet butuh paket kuota yang lebih besar lagi. Rata-rata pengguna internet di dunia mengkonsumsi 2,9GB per bulan sehingga paket kuota internet 2GB - 5GB sangat laris.

Jika berkaca ke hasil riset Ericsson, rata-rata konsumsi internet dalam sebulan bisa mencapai 17GB di tahun 2023 sehingga operator perlu menyediakan paket kuota internet yang lebih besar.
  
Bahkan jika memungkinkan operator telekomunikasi bisa menyediakan paket data tidak terbatas dengan mengubah sedikit model bisnisnya, misalnya pascabayar. Jadi dengan kuota internet tidak terbatas pengguna bisa menggunakan layanan internet sepuasnya dan bayar sesuai jumlah internet yang mereka konsumsi.

Melihat konsumsi konten video yang meningkat maka bisa diprediksi juga menuju tahun 2023 akan semakin banyak layanan lewat konten video yang bermunculan. Tidak hanya itu, iklan dalam bentuk konten video juga akan semakin banyak dijumpai.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /