Xiaomi Siapkan Produk Spesial untuk India

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 21 Nov 2017 09:55 WIB
xiaomi
Xiaomi Siapkan Produk Spesial untuk India
Xiaomi punya target untuk menjadi nomor 1 di pasar smartphone India, menyalip Samsung.

Metrotvnews.com: Target Xiaomi mengejar peringkat 1 di India bukan omong kosong. Berada di posisi 2 setelah Samsung, Xiaomi menyiapkan strategi untuk bisa menyalip Samsung di negara tersebut.

Salah satunya adalah dengan menyiapkan sebuah perangkat khusus untuk India. Berdasarkan laporan Android Central, akun Twitter milik Head of Xiaomi India Manu Kumar Jain membuat cuitan berisi kode tentang perangkat Xiaomi yang akan dirilis.

Kode tersebut digambarkan berupa hurur yang menyerupai huruf 'i' dengan 4 titik di atasnya dan memiliki warna yang melambangkan warna pada bendera India. Tidak ada penjelasan perangkat apa yang dirilis dan apa maksud huruf 'i'.
 

"i" is coming soon!

Any guesses what is this? ???? @XiaomiIndia pic.twitter.com/rfmXuA8dfq

— Manu Kumar Jain (@manukumarjain) November 18, 2017

Banyak pihak yang berspekulasi bahwa perangkat yang akan Xiaomi rilis mungkin akan memiliki nama dengan ciri khas perangkat milik Apple. Meskipun begitu, teori tersebut tampaknya tidak mungkin karena akan memberi kesan Xiaomi meniru Apple.

Satu hal yang jelas adalah perangkat ini akan dibuat dan dirilis khusus untuk India. Dugaan ini didukung dengan penjelasan CEO Xiaomi Lei Jun saat diwawancarai oleh media India bernama Mint.

Lei Jun menuturkan, India adalah pasar yang lebih penting ketimbang Tiongkok bagi Xiaomi saat ini. Jelas, karena berdasarkan data IDC (International Data Corp) Xiaomi merupakan penguasa market share terbesar kedua di India setelah Samsung. Apabila mereka bisa menyalip Samsung, ini akan menjadi sebuah prestasi besar.

"Kami akan merilis lebih banyak lagi produk Xiaomi untuk India, tidak hanya smartphone tetapi juga produk lainnya, misalnya pulpen buatan Xiaomi dan lain-lain. Hal yang serupa kami lakukan di Tiongkok," tutur Lei Jun.

Dalam wawancara tersebut dengan jelas Lei Jun menuturkan Xiaomi sangat mungkin membangun pusat riset dan pengembangan di India. Tujuannya agar bisa menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan pasar tersebut. Kabarnya fasilitas akan dibangun di kawasan Bengaluru, India.

"Pertama kami harus mengetahui apa yang dibutuhkan dan disukai oleh konsumen di sini. Kami membutuhkan tim khusus untuk menciptakan produk khusus yang mungkin tidak akan dijual di Tiongkok," ucapnya.

Lei Jun juga sangat menyadari bahwa perbedaan geografis di Tiongkok dan India akan sangat berpengaruh terhadap kondisi perangkat serta masalah yang muncul. Menurutnya hal yang wajar jika sebuah produk diciptakan khusus untuk negara tertentu.


(MMI)

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu
Review Smartphone

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu

2 weeks Ago

Honor 10 menjadi smartphone flagship pertama Honor yang diboyong ke Indonesia.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.