2020, Apple Rilis Headset AR?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 09 Nov 2017 10:03 WIB
apple
2020, Apple Rilis Headset AR?
Apple dilaporkan tengah mengembangkan headset AR mandiri dan akan tersedia di pasar pada tahun 2020 mendatang.

Metrotvnews.com: Ketertarikan Apple pada ranah Augmented Reality (AR) dilaporkan semakin meningkat dan telah mencapai titik stabil, setelah CEO Apple, Tim Cook menyebut AR sebagai ide besar, layaknya smartphone pada awal kemunculannya, pada awal tahun ini.

Ketertarikan Apple tersebut diwujudkan dengan keputusannya merambah ranah ini lebih dalam untuk pertama kalinya, melalui peluncuran framework ARKit pada iOS 11. Menurut laporan terbaru Bloomberg, Apple tengah berupaya mengembangkan perangkat AR mandiri.

Perangkat tersebut akan menggunakan sistem operasi khusus, dan diperkirakan akan tersedia di pasar pada tahun 2020 mendatang. Apple menargetkan untuk menyelesaikan proses persiapan teknologi tersebut pada tahun 2019, meski hingga saat ini belum memiliki bukti konkret.

Perangkat AR mandiri tersebut juga tidak hanya akan dibekali dengan chip baru, tetapi sistem operasi khusus berbasis iOS. Sistem operasi tersebut akan hadir dengan nama rOS atau "reality operating system", jika Apple tidak berubah pikiran untuk mengganti namanya tersebut.



Sementara itu, insinyur Apple menyebut saat ini tengah mengembangkan prototipe dari rangkaian aplikasi yang dapat digunakan oleh teknologi AR. Apple dilaporkan menggunakan perangkat HTC Vive untuk melakukan pengujian pada pengembangan prototipe tersebut.

Selain itu, Apple juga tengah mengembangkan perangkat serupa Gear VR yang menggunakan iPhone, meski pengembangan tersebut masih ditujukan untuk pengujian internal. Hingga saat ini, belum tersedia informasi terkait cara pengendalian atau berinteraksi dengan proyeksi AR tersebut.

Apple diprediksi tengah bereksperimen dengan sejumlah cara, termasuk gestur kepala, inpot panel sentuh serupa Gear VR, dan perintah suara via Siri. Rangkaian prototipe aplikasi AR disebut termasuk pemetaan dan aplikasi pesan teks, serta alat lebih canggih seperti ruang pertemuan virtual dan pemutar video 360 derajat.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

13 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.