2020, Apple Rilis Headset AR?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 09 Nov 2017 10:03 WIB
apple
2020, Apple Rilis Headset AR?
Apple dilaporkan tengah mengembangkan headset AR mandiri dan akan tersedia di pasar pada tahun 2020 mendatang.

Metrotvnews.com: Ketertarikan Apple pada ranah Augmented Reality (AR) dilaporkan semakin meningkat dan telah mencapai titik stabil, setelah CEO Apple, Tim Cook menyebut AR sebagai ide besar, layaknya smartphone pada awal kemunculannya, pada awal tahun ini.

Ketertarikan Apple tersebut diwujudkan dengan keputusannya merambah ranah ini lebih dalam untuk pertama kalinya, melalui peluncuran framework ARKit pada iOS 11. Menurut laporan terbaru Bloomberg, Apple tengah berupaya mengembangkan perangkat AR mandiri.

Perangkat tersebut akan menggunakan sistem operasi khusus, dan diperkirakan akan tersedia di pasar pada tahun 2020 mendatang. Apple menargetkan untuk menyelesaikan proses persiapan teknologi tersebut pada tahun 2019, meski hingga saat ini belum memiliki bukti konkret.

Perangkat AR mandiri tersebut juga tidak hanya akan dibekali dengan chip baru, tetapi sistem operasi khusus berbasis iOS. Sistem operasi tersebut akan hadir dengan nama rOS atau "reality operating system", jika Apple tidak berubah pikiran untuk mengganti namanya tersebut.



Sementara itu, insinyur Apple menyebut saat ini tengah mengembangkan prototipe dari rangkaian aplikasi yang dapat digunakan oleh teknologi AR. Apple dilaporkan menggunakan perangkat HTC Vive untuk melakukan pengujian pada pengembangan prototipe tersebut.

Selain itu, Apple juga tengah mengembangkan perangkat serupa Gear VR yang menggunakan iPhone, meski pengembangan tersebut masih ditujukan untuk pengujian internal. Hingga saat ini, belum tersedia informasi terkait cara pengendalian atau berinteraksi dengan proyeksi AR tersebut.

Apple diprediksi tengah bereksperimen dengan sejumlah cara, termasuk gestur kepala, inpot panel sentuh serupa Gear VR, dan perintah suara via Siri. Rangkaian prototipe aplikasi AR disebut termasuk pemetaan dan aplikasi pesan teks, serta alat lebih canggih seperti ruang pertemuan virtual dan pemutar video 360 derajat.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

1 day Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /