Olympus Ciptakan Kacamata Pintar Berbasis Open Source

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 07 Nov 2017 10:27 WIB
teknologi
Olympus Ciptakan Kacamata Pintar Berbasis Open Source
Tampilan kacamata pintar Olympus (sumber The Verge).

Metrotvnews.com: Produsen kamera Olympus baru saja merilis sebuah kacamata pintar bernama EyeTrek Insight EI-10seharga USD1500 atau setara Rp20 juta. Kacamata ini dijual untuk umum dan mendukung open source

Kacamata pintar ini masih memiliki desain serupa dengan Google Glasses yang dulu sempat dikembangkan sebelum akhirnya berhenti. Dikutip dari The Verge, Ada sebuah perangkat yang menempel pada sisi kacamata dengan tangkai yang memanjang ke arah depan lapisan kacamata. Selain itu terdapat sebuah tangkai mikrofon yang memanjang ke bagian depan.

Perangkat yang menempel di sisi kacamata tersebut bisa menampilkan kualitas gambar denggan resolusi 640 x400 OLED. Ada juga kamera yang melekat di bagian tersebut sehingga bisa dipergunakan untuk mengambil foto maupun video. Nantinya, komunikasi video yang diwujudkan dengan kacamata pintar tersebut bisa terjadi secara visual dua arah.

Untuk otak dari perangkat ini, Olympus menyediakan RAM  1GB dan memori internal 8GB, serta masih berjalan di sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Melihat spesifikasi tersebut, artinya pihak developer harus bisa menjejali teknologi yang mereka ciptakan untuk bisa muat di dalam otak perangkat tersebut yang terbilang masih minim.

Konektivitas yang disediakan mendukung Wi-Fi dan Bluetooth. Kapasitas baterai yang disediakan sebesar 300 mAh, yang diklaim bertahan hingga 30-60 menit dengan desain baterai yang bisa dicopot. 

Pihak Olympus sendiri mengatakan mereka sangat terbuka terhadap pengembangan yang dilakukan penggunanya. Mereka juga siap menyediakan perangkat dengan beberapa konfigurasi desain tergantung keinginan konsumen.

Namun, Olympus juga menekankan kacamata pintar tersebut belum akan dikembangkan ke arah segmen consumer, melainkan kebutuhan enterprise dan profesional.


(MMI)

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga
Review Gadget

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga

10 hours Ago

Vivo V11 Pro sebagai smartphone segmen menengah memberikan RAM 6GB dan kamera depan 24MP.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.