Nokia 1 Meluncur Bulan Maret 2018?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 28 Dec 2017 10:13 WIB
nokia
Nokia 1 Meluncur Bulan Maret 2018?
Nokia 1 dilaporkan akan meluncur pada bulan Maret mendatang sebagai bagian dari program Google Android Go.

Jakarta: Diumumkan pada bulan Mei lalu, Google Android Go menyasar pasar berkembang dan konsumen yang hampir tidak mampu membeli smartphone terjangkau. Android Go juga mengincar wilayah dengan cakupan jaringan internet lemah dan harga data mobile tinggi.

Sejumlah perusahaan berjanji mendukung program Google dalam meluncurkan versi lebih ringan dari sistem operasi Android karyanya tersebut. Salah satunya HMD Global, pemegang merek Nokia.

Smartphone merek Nokia selanjutnya yang akan diluncurkan perusahaan asal Finlandia tersebut diperkirakan sebagai Nokia 1. Ponsel pintar ini akan menjadi bagian dari program Android Go, berarti akan lebih menyasar kepada pasar berkembang.

Menggunakan versi lebih ringan dari Android Oreo, Nokia 1 dikabarkan mendukung RAM 1GB dan ruang penyimpanan 8GB. Selain itu, ponsel entry level tersebut juga berbekal layar 720p.

Nokia 1 diperkirakan menyapa berbagai pasar di dunia, termasuk Rusia, pada bulan Maret 2018 mendatang dengan harga penawaran sebesar EUR80 (Rp1,8 juta). Namun, Nokia 1 bukanlah satu-satunya perangkat Android Go yang akan meluncur tahun depan.

Huawei juga dikabarkan tengah mengembangkan smartphone entry level dengan harga terjangkau. Smartphone tersebut akan mengusung spesifikasi serupa Nokia 1, meski hingga saat ini, Huawei masih menyimpan rapat informasinya.

Sementara itu pada Oktober lalu, Nokia meluncurkan smartphone berharga terjangkau terbarunya yaitu Nokia 2. Perangkat yang ditawarkan segarga EUR99 (Rp1,5 juta) tersebut dibekali layar 5 inci HD dan didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 212, RAM 1GB dan ruang penyimpanan 8GB.

Nokia 2 juga dilengkapi dengan kamera belakang 8 MP autofocus dan kamera depan 5MP. Nokia juga membekali ponsel sertifikasi IP52 yang tahan percikan air tersebut dengan fitur "Bothie", memungkinkan pengguna menggunakan kamera depan dan belakang secara simultan.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.