Imgur Pernah Dibobol pada 2014, Baru Diketahui Sekarang

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 25 Nov 2017 14:30 WIB
cyber security
Imgur Pernah Dibobol pada 2014, Baru Diketahui Sekarang
Imgur pernah diretas tahun 2014

Jakarta: Situs foto Imgur dilaporkan telah diretas pada tahun 2014. Parahnya, pihak Imgur mengklaim mereka baru mendapatkan notifikasi peretasan pada tanggal 23 November kemarin. 

Menurut Engadget, peretasan tersebut membuat hacker berhasil mencuri data 1,7 juta pengguna Imgur, seperti alamat email dan password. Imgur juga mengklaim tidak ada data pribadi yang berhasil dicuri dari tindakan peretasan kali ini.

Jika dibandingkan dengan jumlah penggunanya yang mencapai 150 juta pengguna terdaftar, 1,7 juta data pengguna memang tergolong kecil. Namun, jumlah tersebut sudah cukup membuat citra Imgur menjadi buruk. 

Pihak Imgur sendiri dikatakan tengah menyelidiki lebih lanjut mengenai peretasan ini. Sejauh ini penyebab peretasan diduga dari penggunaan sistem algoritma hashing SHA-256 pada tahun 2014 yang ketinggalan zaman.

"Kami sangat serius dalam melindungi data pengguna," ujar Chief Operating Officer Imgur Roy Seghal. "Kami juga akan melakukan investigasi keamanan siber tidak hanya secara eksternal namun juga internal."

Seghal mengatakan timnya kini sedang berusaha keras mencari penyebab peretasan tersebut secara pasti. Tidak hanya itu, Seghal dan timnya juga harus mencari tahu bagaimana peretasan tersebut bisa dilakukan dan tidak diketahui selama 3 tahun.


(MMI)