Pengguna Kini Bisa Buat Daftar Musik via Alexa

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 09 Feb 2018 15:13 WIB
amazon
Pengguna Kini Bisa Buat Daftar Musik via Alexa
Pengguna Amazon Echo kini dapat memanfaatkan Alexa untuk menciptakan playlist musik.

Jakarta: Amazon mengumumkan update berisi kemampuan baru untuk Alexa, terkait dengan musik. Kini pengguna dapat menciptakan dan memodifikasi daftar putar milik mereka dengan memanfaatkan bantuan Alexa.

Alexa kini dapat membuat daftar putar atau playlist dari awal atau lagu spesifik dan menambahkan lagu ke daftar putar berbeda. Fitur ini pertama kali diperkenalkan dalam versi beta beberapa minggu lalu, dan mulai digulirkan kepada pengguna Amazon Music Unlimited di Amerika Serikat.

Amazon menyebut bahwa fitur ini merupakan fitur yang paling diminta oleh pengguna. Permintaan ini mengindikasikan bahwa masyarakat memang menggunakan speaker cerdas karyanya, yaitu Echo, untuk mendengarkan musik.

Produk Amazon dinilai tidak terfokus pada pengalaman audio serupa kompetitornya, namun Amazon mulai bekerja sama dengan produsen hardware pihak ketiga seperti Sonos dan Harman guna menawarkan pengalaman yang lebih terfokus pada musik.

Sementara itu, Amazon membantah perusahaannya menolak game dengan sejumlah perintah yang menyebut nama Google yang didaftarkan kepadanya. Amazon menyebut bukan melarang namun memastikan merek dagang digunakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penyebutan Google Home pada perintah yang diajukan kepada Alexa dinilai Amazon dapat menimbulkan kebingungan di kalangan konsumen.

Sedangkan Survei terbaru yang dirilis National Public Radio (NPR) dan Edison Research mengungkap jumlah pemilik speaker cerdas karya Amazon atau Google di Amerika Serikat meningkat sebesar 128 persen sejak Januari 2017.

Amazon juga mengumumkan kehadiran asisten digital karyanya, Alexa, di sejumlah laptop dan desktop produksi HP, ASUS, dan Acer. Hal tersebut merupakan bagian dari rencana Amazon dalam menghadirkan dukungan Alexa ke lebih banyak perangkat pihak ketiga. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.