Warung Pintar Sabet Pendanaan Tahap Awal Rp55 Miliar

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 12 Feb 2018 17:32 WIB
teknologi
Warung Pintar Sabet Pendanaan Tahap Awal Rp55 Miliar
Warung Pintar meraih pendanaan senilai Rp55 miliar.

Jakarta: Warung Pintar mengumumkan perolehan pendanaan tahap awal sebesar USD4 juta (Rp55 miliar) dari sejumlah investor, termasuk SMDV, Digital Garage, East Ventures, Insignia Ventures Partner, Triputra Group dan beberapa angel investor.

“Kami melihat Warung Pintar sebagai pusat teknologi yang dapat menghubungkan beragam kesempatan bagi mitra kami dan tentunya masih banyak peluang yang dapat digali lebih jauh. Oleh karenanya, kami sangat menyambut siapapun yang ingin bergabung menjadi mitra Warung Pintar, baik dari perusahaan teknologi maupun non-teknologi," ujar CEO Warung Pintar Agung
Bezharie.

Warung pintar resmi diumumkan akhir bulan Januari lalu, sebagai upaya lanjutan East Ventures untuk aktif dalam proyek teknologi terkait dengan kepentingan umum, komitmen yang telah dimulai sejak pembentukan Unit Creating Shared Value (CSV).

Warung Pintar adalah kios rakitan pabrik yang mengintegrasikan teknologi dengan warung
tradisional di Indonesia. Program ini memiliki dua tujuan utama dalam memperbesar dan mengembangkan warung tradisional.

Melalui pemanfaatan teknologi, Warung Pintar bertujuan sebagai platform teknologi bagi pemilik warung tradisional di Indonesia. Selain itu, melalui metode plug and play sederhana, Warung Pintar berujuan mengundang perusahaan untuk menggunakan Warung Pintar sebagai alat distribusi produk dan jasa mereka.

Dukungan teknologi dalam proyek Warung Pintar dihadirkan East Ventures dalam 3 pilar, yakni IoT, big data analytics dan blockchain. Penerapan IoT ditujukan untuk meningkatkan akurasi pemasukan data ritel.

Penerapan teknologi big data analytics untuk memahami perilaku para pelanggan dengan lebih baik. Sedangkan teknologi blockchain diterapkan guna menciptakan transparansi dan kepercayaan kepada pemilik warung.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.