Advan i5C Duo, Ponsel Rp1 Juta Punya Dua Kamera Belakang

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 23 Mar 2018 19:44 WIB
advan
Advan i5C Duo, Ponsel Rp1 Juta Punya Dua Kamera Belakang
Peluncuran Advan I5C Duo. (Medcom.id)

Jakarta: Advan baru saja meluncurkan smartphone baru, Advan i5C Duo. Mereka mengklaim ponsel barunya ini sebagai "smartphone dengan kamera ganda dan sensor sidik jari dengan harga paling terjangkau."

Ponsel i5C Duo memiliki layar 5 inci dengan resolusi HD. Smartphone ini menggabungkan prosesor quad-core @1,3GHz dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB. Advan i5C Duo memiliki baterai 2.500 mAh dengan Android 7.1 Nougat sebagai sistem operasinya. Advan melapisi sistem operasinya dengan IDOS 7.2. 

Untuk masalah kamera belakang, Advan melengkapi ponsel barunya dengan kamera 8MP dan 0,3MP. Advan mengklaim, dua kamera ini sudah memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan efek Bokeh atau latar belakang yang mengabur. Sementara untuk kamera depan, Advan i5C Duo memiliki kamera 5MP. 

"Sebelum meluncurkan produk, kami biasanya mencari tahu apa yang diinginkan oleh konsumen," kata Tjandra Lianto, Marketing Director, Advan saat ditemui di Artotel, Jumat (23/4/2018).

"Sekarang, yang sedang diinginkan oleh konsumen adalah spesifikasi yang gila tapi harga terjangkau."



Selain dua kamera belakang, Advan juga melengkapi i5C Duo dengan pemindai sidik jari. Product Specialist & Training Development Advan, Edy Supartono menjelaskan, pemindai sidik jari itu tidak hanya bisa digunakan untuk membuka kunci ponsel, tapi juga membuka kunci dari aplikasi yang memang dikunci menggunakan Super Apps Lock. 

Keamanan menjadi salah satu fitur yang ditonjolkan oleh Edy saat presentasi. Melalui fitur anti-theft atau anti-pencurian pada i5C Duo, pengguna dapat melacak keberadaan ponsel ketika ia hilang. Selain itu, pengguna juga bisa membuat agar ponsel berbunyi bahkan ketika ponsel berada dalam mode silent.

Semua fitur ini hanya bisa diaktifkan ketika ponsel terhubung ke jaringan internet. Namun, Edy mengatakan, Advan juga melengkapi i5C Duo dengan sistem anti-pencurian offline. Advan i5C Duo tersedia dalam dua warna yaitu biru gelap dan putih. Ponsel ini akan dihargai Rp1.250.000. 



Tjandra mengatakan, Advan berharap bahwa i5C Duo akan terjual sebanyak 20 ribu unit. Salah satu strategi yang mereka gunakan adalah menggandeng Shopee untuk melakukan flash sale pada 26 Maret mendatang. Pada flash sale, harga i5C Duo akan dipotong menjadi Rp999.000. Untuk flash sale, Advan menyediakan 2 ribu unit ponsel. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.