Ini Langkah Facebook Tangkal Penyebaran Berita Palsu

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 20 Nov 2016 11:16 WIB
media sosialfacebook
Ini Langkah Facebook Tangkal Penyebaran Berita Palsu
Zuckerberg memberikan update tentang usaha Facebook tekan penyebaran berita palsu. (AP Photo / Jeff Chiu, File)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak pemilu presiden Amerika Serikat topik mengenai penyebaran berita palsu di media sosial seperti Facebook menjadi pembicaraan hangat. CEO Mark Zuckerberg telah mengeluarkan pembelaan yang meyebutkan, sebagian besar informasi di Facebook bukanlah berita bohong.

Kemarin, Zuckerberg kembali memberikan update tentang usaha Facebook untuk mengurangi tersebarnya berita palsu di media sosialnya. "Selama ini, kami menggantungkan diri pada komunitas kami untuk membantu kami mengerti mana berita palsu dan mana yang buka," tulisnya. Misalnya dengan membiarkan pengguna menandai berita palsu.

Selain itu, Zuckerberg menjelaskan, Facebook akan memberikan hukuman pada artikel palsu dengan membuat berita itu tidak terlalu sering muncul di News Feed, sama seperti yang mereka lakukan pada berita clickbait, spam atau penipuan.

"Masalah ini kompleks, baik dari segi teknis atau filosofis," tulis Zuckerberg. "Kami ingin memberikan kesempatan berbicara pada orang-orang, yang berarti membiarkan orang-orang membagikan apa yang mereka mau kapan pun."

Dia tidak ingin membuat para pengguna Facebook merasa tidak dapat membagikan pendapat mereka atau secara salah membatasi penyebaran konten asli.

Ada beberapa cara yang Zuckerberg sebutkan untuk menekan penyebaran berita palsu. Salah satunya adalah memperbaiki cara mereka untuk mendeteksi berita palsu. Selain itu, Facebook ingin memudahkan pengguna untuk melaporkan artikel palsu. Hal lain yang Facebook akan lakukan adalah dengan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan verifikasi berita.

Kemudian, Facebook akan memberikan peringatan pada berita yang dilaporkan sebagai berita palsu. Sehingga, orang yang hendak membaca atau membagikan berita itu tahu bahwa sebuah berita palsu atau tidak. Selain itu, dia menyebutkan, Facebook akan meningkatkan standar kualitas artikel yang masuk ke dalam artikel yang disarankan pada News Feed.

Zuckerberg sadar, pembuatan berita palsu biasanya memiliki uang sebagai motifnya. Karen itu, dia akan memberikan peraturan iklan baru. Cara yang sama dilakukan oleh Google, yang akan membatasi iklan yang muncul pada situs yang menyebarkan berita palsu. 


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /