Kurang dari 1 Menit, Tiongkok Berhasil Bobol Google Pixel

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 13 Nov 2016 10:12 WIB
google pixel
Kurang dari 1 Menit, Tiongkok Berhasil Bobol Google Pixel
Tim asal Tiongkok berhasil meretas Google Pixel dalam waktu kurang dari 60 detik.

Metrotvnews.com: Google Pixel, smartphone unggulan terbaru Google, diretas oleh hacker asal Tiongkok dalam kurun waktu kurang dari 60 detik. Peretasan ini merupakan bagian dari kompetisi yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan.

Tim yang berhasil meretas ponsel cerdas tersebut adalah Qihoo 360, yang mendemostrasikan exploit yang memungkinkan eksekusi kode jarak jaug pada Pixel. Dalam waktu kurang dari 60 detik, tim ini menggunakan kerentanan Zero-Day untuk melakukan instalasi kode dari jarak jauh pada perangkat Google tersebut.

Exploit menjalankan Google Play Store dan kemudian Chrome versi mobile, sebelum kemudian menampilkan pesan yang bertulisan "Pwned by 360 Alpha Team". Berkat keberhasilannya tersebut, Qihoo 360 memenangkan hadiah uang tunai sebesar USD120.000, dan mengirimkan Google gambaran cara untuk memperbaikinya.

Sebelumnya, tim ini juga memenangkan hadiah uang tunai sebesar USD520.000 setelah mendemonstrasikan keretanana lain pada Microsoft Edge pada Windows 10, dan exploit berusia sepuluh tahun yang masih berfungsi di Adobe Flash.

Smartphone Google Pixel merupakan perangkat pengganti lini Nexus yang diluncurkan awal Oktober lalu, dan mengusung spesifikasi yang tergolong tinggi. Namun, sejumlah pihak menyebut, ponsel cerdas Google ini masih memiliki kekurangan.

Meskipun demikian, kekurangan tersebut tidak menghalangi popularitas smartphone Google ini di pasar Amerika Serikat. Hal ini juga akan dinilai akan terbantu oleh insiden yang dialami Samsung Galaxy Note 7. Google juga berencana untuk mendistribusikan sebanyak empat juta unit hingga akhir 2016.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.