Kurang dari 1 Menit, Tiongkok Berhasil Bobol Google Pixel

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 13 Nov 2016 10:12 WIB
google pixel
Kurang dari 1 Menit, Tiongkok Berhasil Bobol Google Pixel
Tim asal Tiongkok berhasil meretas Google Pixel dalam waktu kurang dari 60 detik.

Metrotvnews.com: Google Pixel, smartphone unggulan terbaru Google, diretas oleh hacker asal Tiongkok dalam kurun waktu kurang dari 60 detik. Peretasan ini merupakan bagian dari kompetisi yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan.

Tim yang berhasil meretas ponsel cerdas tersebut adalah Qihoo 360, yang mendemostrasikan exploit yang memungkinkan eksekusi kode jarak jaug pada Pixel. Dalam waktu kurang dari 60 detik, tim ini menggunakan kerentanan Zero-Day untuk melakukan instalasi kode dari jarak jauh pada perangkat Google tersebut.

Exploit menjalankan Google Play Store dan kemudian Chrome versi mobile, sebelum kemudian menampilkan pesan yang bertulisan "Pwned by 360 Alpha Team". Berkat keberhasilannya tersebut, Qihoo 360 memenangkan hadiah uang tunai sebesar USD120.000, dan mengirimkan Google gambaran cara untuk memperbaikinya.

Sebelumnya, tim ini juga memenangkan hadiah uang tunai sebesar USD520.000 setelah mendemonstrasikan keretanana lain pada Microsoft Edge pada Windows 10, dan exploit berusia sepuluh tahun yang masih berfungsi di Adobe Flash.

Smartphone Google Pixel merupakan perangkat pengganti lini Nexus yang diluncurkan awal Oktober lalu, dan mengusung spesifikasi yang tergolong tinggi. Namun, sejumlah pihak menyebut, ponsel cerdas Google ini masih memiliki kekurangan.

Meskipun demikian, kekurangan tersebut tidak menghalangi popularitas smartphone Google ini di pasar Amerika Serikat. Hal ini juga akan dinilai akan terbantu oleh insiden yang dialami Samsung Galaxy Note 7. Google juga berencana untuk mendistribusikan sebanyak empat juta unit hingga akhir 2016.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /