Berkat Alat Ini, PC Pemula Bisa Jajal VR via Oculus Rift

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 14 Nov 2016 17:08 WIB
virtual reality
Berkat Alat Ini, PC Pemula Bisa Jajal VR via Oculus Rift
Spesifikasi PC untuk jalankan Oculus Rift kini menjadi lebih rendah berkat ASW

Metrotvnews.com: Teknologi virtual reality memang semakin baik dan semakin bisa terjangkau oleh banyak orang.

Sayangnya, saat ini perangkat VR masih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, dan ketersediaannya masih sangat terbatas. Tidak hanya itu, perangkat pendukung seperti kartu grafis pada PC juga masih hanya terbatas di kartu grafis kelas menengah ke atas, membuat ekosistem VR menjadi masih mahal.

Masalah tersebut saat ini menjadi fokus Oculus. Baru-baru ini, anak perusahaan Facebook tersebut mengumumkan sebuah perangkat tambahan khusus yang diklaim bisa membuat kacamata VR Oculus Rift berjalan dengan lancar di PC dengan spesifikasi lebih rendah dari yang sebelumnya dibutuhkan.

Perangkat bernama Asynchronous Spacewarp (ASW) tersebut diklaim bisa menggandakan frame di setiap konten VR yang disajikan ke Oculus Rift, sehingga framerate akan tetap stabil di 90fps meski dijalankan di PC gaming dengan spesifikasi kelas pemula.



ASW bekerja dengan cara menggandakan setiap frame yang dihasilkan oleh PC. Melalui sistem khusus, ASW melakukan analisa setiap frame yang dihasilkan lalu menyisipkan frame tambahan di setiap dua frame yang dihasilkan oleh PC. Hasilnya adalah framerate yang dihasilkan menjadi lebih tinggi dan konten VR bisa ditampilkan lebih baik.

Melalui ASW, Oculus juga mengklaim kini Rift memiliki spesifikasi yang lebih rendah. Kacamata VR Oculus Rift kini bisa dijalankan di PC yang menggunakan kartu grafis AMD Radeon 400 Series, NVIDIA GTX 900 Series, dan NVIDIA GTX 1000 Series.

Sayangnya, Oculus masih belum mengkonfirmasi kapan ASW akan hadir di pasar. Selain itu, ASW juga masih belum diketahui akan dijual secara terpisah atau tidak.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /