Facebook Akuisisi CrowdTangle

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 12 Nov 2016 11:36 WIB
facebook
Facebook Akuisisi CrowdTangle
Dashboard dari tool CrowdTangle. (The Verge)

Metrotvnews.com: Facebook baru saja membeli CrowdTangle, tool yang digunakan para penerbit konten untuk melihat bagaimana konten mereka tersebar di internet. Sayangnya, Facebook tidak menyebutkan berapa nilai akuisisi ini. 

Dengan memberikan informasi pada para pelanggannya tentang penyebaran konten di internet secara real-time, secara tidak langsung, CrowdTangle telah mempengaruhi konten yang muncul pada beranda Anda.

Akuisisi ini menunjukkan bahwa Facebook masih berusaha untuk menarik para penerbit konten dan membuat model bisnis yang menguntungkan bagi penerbit bahkan jika kontennya dikonsumsi di platform yang tidak dimiliki sang penerbit.

Menurut The Verge, Facebook berkata, mereka akan terus melakukan investasi dan menggunakan layanan CrowdTangle sehingga para penerbit tetap dapat menggunakannya. CrowdTangle memiliki tim kecil yang telah mendapatkan investasi USD2.2 juta (Rp29,5 miliar) dari berbagai investor, termasuk Betaworks. CrowdTangle akan terus mengembangkan produknya sendiri.

"Para penerbit di seluruh dunia menggunakan CrowdTangle untuk memberikan konten yang relevan, mengetahui performa sosial mereka dan mencari tahu orang-orang yang berpengaruh," kata Facebook dalam sebuah pernyataan resmi.

"Kami tidak sabar untuk bekerja dengan CrowdTangle untuk memberikan lebih banyak informasi relevan kepada para penerbit."

Seperti yang dijelaskan oleh FastCompany tahun lalu, CrowdTangle pada awalnya dibuat sebagai sebuah tool untuk membantu para aktivis mengatur aktivitas Facebook. Namun, tool ini tidak menghasilkan uang.

Karena itu, Co-founder Brandon Silverman dan Matt Garmur membuat sebuah produk berdasarkan fitur yang menunjukkan post mana di halaman Facebook yang mendapatkan reaksi paling banyak.

Hasilnya, CrowdTangle dapat menunjukkan pada penerbit, konten apa yang menarik perhatian masyarakat, baik konten yang terbit pada Facebook, Twitter, Instagram dan dulu, Vine.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /