Huawei Umumkan Prosesor Andalan Baru, Kirin 960

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 19 Oct 2016 18:49 WIB
huawei
Huawei Umumkan Prosesor Andalan Baru, Kirin 960
Kirin 960 merupakan prosesor andalan baru Huawei

Metrotvnews.com: Huawei baru saja mengumumkan prosesor mobile terbarunya, Kirin 960. Prosesor baru ini kabarnya akan mereka pakai di ponsel unggulan berikutnya. Kirin 960 hadir dengan chip grafis Mali dan CPU ARM terkencang, serta teknologi seluler terbaru. Menurut Android Authority, Huawei bahkan mengklaim prosesor barunya ini lebih baik dari pendahulunya dan prosesor kompetitor lain.

Kirin 960 hadir dengan empat CPU ARM Cortex A73 berkecepatan 2,4GHz yang merupakan salah satu CPU berperforma tinggi yang dibuat ARM. Empat CPU tersebut akan ditemani ARM Cortex A53 berkecepatan 1,8GHz yang memiliki konsumsi daya lebih rendah. Cortex A53 juga merupakan CPU yang dibuat menggunakan pemrosesan 16nm FinFET terbaru.

Kirin 960 juga merupakan prosesor pertama yang akan ditenagai chip grafis terbaru Mali-G71 MP8 yang sebelumnya dirumorkan akan hadir di ponsel Samsung Galaxy S8 tahun 2017 mendatang.



Untuk memperlihatkan kehebatan Kirin 960, Huawei memamerkan data benchmark prosesor ini dan membandingkannya dengan berbagai prosesor lain yang ada di pasar. Dari data yang dirilis Huawei, Kirin 960 berhasil mengungguli prosesor Apple terbaru, A10, yang digunakan di iPhone 7 dalam pengujian multi-core. Sayangnya, dalam pengujian single-core, Kirin 960 masih kalah dari A10.

Meski demikian, Huawei mengklaim Kirin 960 memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik karena telah mendukung teknologi penyimpanan UFS 2.1. Penyimpanan tersebut membuat Kirin 960 tampil lebih kencang dari prosesor kompetitor lain.

Dari segi grafis, Kirin 960 juga mendapatkan peningkatan performa yang sangat signifikan. Kehadiran chip grafis Mali-G71 MP8 dikatakan mampu memberikan peningkatan performa hingga 180 persen dibandingkan dengan chip grafis generasi sebelumnya, yaitu Mali-T880.

Mali-G71 MP8 juga telah mendukung API Vulkan yang yang mampu menghadirkan performa grafis lebih baik. Hal ini tentu akan membuat Kirin 960 tampil dnegan potensi yang lebih baik di ranah gaming.

Huawei juga mengklaim pihaknya telah menguji Kirin 960 menggunakan 14 aplikasi yang paling banyak digunakan di Tiongkok. Hasilnya, Kirin 960 mampu menjalankan 13 aplikasi tersebut secara lebih cepat ketimbang kompetitornya. 

Kirin 960 juga telah mendukung jaringan LTE Cat 12 untuk proses pengunduhan, dan Cat 13 untuk pengunggahan. Dengan demikian, ponsel yang menggunakan prosesor ini dapat mengenali spektrum gelombang antara 330MHz hingga 3,8GHz.

Dukungan penggunaan spektrum yang sangat lebar tersebut memungkinkan ponsel yang ditenagai Kirin 960 bisa digunakan di berbagai jaringan operator seluler dunia.



Menurut Huawei, Kirin 960 bisa menangkap sinyal lebih baik bahkan ketika sedang digunakan di kendaraan berkecepatan tinggi, seperti kereta api. Ia juga dilengkapi Image Signalling Processor terbaru.

Artinya, ponsel yang ditenagai Kirin 960 akan memiliki kemampuan pemrosesan gambar yang lebih baik. Ini tentunya sejalur dengan pengembangan ponsel flagship Huawei yang kini telah didukung produsen kamera Leica.

Keamanan juga menjadi fokus Huawei. Prosesor Kirin 960 dilengkapi dengan sistem keamanan mobile payment khusus yang ditanam langsung di dalam sebuah chip khusus di prosesor ini. Proses transaksi akan semakin sulit diretas.

Untuk melengkapi sistem keamanannya, Huawei turut melengkapi Kirin 960 dengan enkripsi 3 lapis. Terakhir, ponsel apa yang akan menggunakan prosesor Kirin 960 ini?

Menurut isu yang beredar, Huawei mungkin akan menanamkan Kirin 960 di Mate 9 yang kabarnya akan diumumkan tanggal 3 November mendatang.


(ABE)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /