BTPN Luncurkan Jenius, Apa Saja Fiturnya?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 11 Aug 2016 20:14 WIB
digitalnkri
BTPN Luncurkan Jenius, Apa Saja Fiturnya?
Wakil Presiden Direktur, Bank BTPN, Djemi Suhenda. (tengah)

Metrotvnews.com, Jakarta: BTPN ingin memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan perbankan. Karena itu, hari ini, Kamis (11/8/2016), mereka meluncurkan sebuah aplikasi yang disebut Jenius. Inilah beberapa fitur yang bisa Anda gunakan di aplikasi yang telah tersedia untuk iOS dan Android ini.

1. Send it
Dengan fitur ini, Anda bisa mengirimkan uang, baik ke sesama pengguna Jenius atau ke non-pengguna. Jika Anda melakukan transaksi ke sesama pengguna, Anda dapat menggunakan nama pengguna (yang disebut Cashtag) sebagai pengganti nomor rekening. 

2. Pay me
Fitur ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan Anda untuk meminjam uang pada teman. Dengan fitur ini, Anda cukup memilih nama pengirim dan memasukkan jumlah uang yang diinginkan. Jika pengirim setuju, maka uang akan secara otomatis dikirimkan ke rekening Anda.

3. Dream Saver
Melalui fitur ini, BTPN berusaha untuk membantu para pengguna Jenius untuk menabung untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Pertama, tuliskan cita-cita yang ingin Anda capai -- mulai dari berlibur hingga membeli barang baru -- dan harga dari mimpi tersebut.

Setelah itu, masukkan foto untuk menggambarkan impian Anda. BTPN merasa, foto akan membuat pengguna menjadi lebih semangat untuk mencapai cita-citanya. Kemudian, masukkan jumlah deposito awal dan atur berapa jumlah uang yang Anda tabungkan setiap harinya. Jenius akan menghitung berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mencapai cita-cita. 



4. Split Bill
Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna Jenius membagi tagihan saat makan bersama atau saat patungan untuk membeli sesuatu. Jenius secara otomatis akan membagi total nilai yang harus dibayarkan dengan jumlah orang yang seharusnya patungan. Selain itu, pengguna juga secara manual melebihkan pembayaran dari orang-orang tertentu.

5. Card center
Pengguna Jenius juga bisa mendapatkan sebuah kartu layaknya kartu ATM. Menariknya, jika dia kehilangan kartu tersebut, maka dia bisa memblokir kartu itu melalui aplikasi Jenius. Pengguna bisa menentukan apakah ingin melakukan pemblokiran secara permanen atau sementara.

"Saat kartu ketinggalan atau hilang, Anda punya dua pilihan. Kembali ke tempat kartu hilang atau menelepon bank untuk memblokir kartu," kata Wakil Presiden Direktur, Bank BTPN, Djemi Suhenda. "Dengan Jenius, masalah ini bisa diselesaikan dalam waktu satu menit."

Jika pengguna sudah kembali mendapatkan kartunya, maka pengguna bisa melakukan unblock. Dan bila pengguna sudah terlanjur memblokir kartu secara permanen, maka kartu baru akan dikirimkan dalam waktu 2 hari.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.