Tahun Ini, Bukalapak Ingin Gandeng 1 Juta UKM

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 16 May 2016 14:04 WIB
bukalapak
Tahun Ini, Bukalapak Ingin Gandeng 1 Juta UKM
CEO Bukalapak, Achmad Zacky (kanan) saat ditemui dalam acara Forum Indonesia Muda di Jakarta hari ini, Senin (16/5/2016) (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bukalapak mengumumkan, mereka menargetkan untuk menggaet 1 juta pelaku bisnis UKM di Indonesia sepanjang tahun 2016. Hal tersebut dikemukakan langsung oleh CEO Bukalapak, Achmad Zacky, dalam acara Forum Indonesia Muda yang digelar oleh Bukalapak pada hari ini, Senin (16/5/2016), di Jakarta.

"Saat ini jumlah pelaku UKM yang telah bergabung di Bukalapak ada hampir 1 juta. Kita targetkan tahun ini naik jadi 2 juta pelaku UKM," ujar Zacky. "Salah satu misi kami sebenarnya untuk mengembangkan UKM. Dan salah satu caranya adalah menggelar acara seperti Forum Indonesia Muda ini."

Zacky menuturkan, agar target 2 juta UKM bergabung dengan Bukalapak dapat tercapai, salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan teknologi online sebagai metode pemasaran kepada pelaku UKM. Acara Forum Indonesia Muda kali ini juga dikatakan dihadiri oleh lebih dari 100 pemuda terpilih yang nantinya diharapkan bisa menjadi agen untuk memperkenalkan teknologi online ke pelaku UKM di seluruh Indonesia.

Zacky menyebutkan, para pelaku UKM yang tergabung di Bukalapak sebenarnya telah memiliki komunitas sendiri. Ia bahkan mengatakan bahwa hampir setiap hari terdapat acara berbagi pengetahuan yang digelar oleh komunitas kepada pelaku UKM. Menurutnya, hal itulah yang menjadi pembeda Bukalapak dari situs marketplace lain di Indonesia. 

"Hampir setiap hari ada acara yang digelar oleh komunitas. Itu yang menjadi pembeda Bukalapak, karena kita juga mengedepankan aspek edukasi ke pelaku UKM melalui komunitas," lanjut Zacky.

Forum Indonesia Muda (FIM) merupakan sebuah acara diskusi yang telah digelar sejak 2003. Acara ini melibatkan pemuda dan mahasiswa dari berbagai aktivitas, universitas, maupun lembaga kepemudaan di seluruh Indonesia. Untuk acara kali ini, pihak Bukalapak menghadirkan beberapa pembicara seperti Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ricky Pesik, serta Walikota Bandung, Ridwan Kamil.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.