ACLU Minta Presiden AS Ampuni Snowden

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 13 Sep 2016 12:23 WIB
cyber security
ACLU Minta Presiden AS Ampuni Snowden
ACLU dan beberapa organisasi lain ingin meminta pengampunan untuk Snowden. (AP Photo/Marco Garcia, File)

Metrotvnews.com: Hari Rabu lalu, Badan Kemerdekaan Sipil Amerika (ACLU), Human Rights Watch, Amnesty International dan beberapa organisasi lain melakukan kampanye, meminta Presiden Amerika Serikat, Barack Obama untuk memberikan pengampunan pada Edward Snowden yang membocorkan dokumen rahasia NSA beberapa tahun lalu. 

Menurut The Next Web, Snowden telah tinggal di Rusia, di suatu tempat yang dirahasiakan, sejak bulan Juni 2013 setelah mendapatkan suaka sementara. Setiap tahun, permintaan Snowden untuk memperbarui suakanya terus dipenuhi. 

Dia kini sedang mencari suaka permanen di tempat lain dan berusaha untuk tidak tertangkap oleh pemerintah AS. Jika dia tertangkap dan dikembalikan ke AS, maka dia akan dibawa ke pengadilan karena melanggar regulasi terkait spionase. 

Menariknya, kampanye untuk Snowden ini dilakukan 2 hari sebelum film "Snowden" buatan Oliver Stone tayang di bioskop.

"Saya rasa, dengan 2 jam filmnya, Oliver dapat lebih membantu Snowden dari apa yang bisa dilakukan oleh para pengacaranya selama 3 tahun," kata pengacara Snowden dan Director ACLU, Ben Wizner.

"Kami akan melakukan kampanye massal di seluruh dunia dan berusaha mengajak orang-orang dan organisasi-organisasi berpengaruh untuk bergabung dan meminta Presiden Obama untuk mengampuni Snowden sebelum dia berhenti dari jabatannya."

Kampanye ini akan dilakukan untuk meminta tanda tangan untuk mendukung pengampunan Snowden di PardonSnowden.org, sebuah situs yang tidak menawarkan banyak informasi kecuali fakta bahwa ACLU dan Amnesty International memang terlibat dalam gerakan ini.

Motherboard juga menemukan "PardonSnowden" di Twitter dan "PardonSnowden.org" di Facebook, meski keduanya belum mengunggah apapun.

Di bulan Juli 2015, Gedung Putih merespons petisi yang meminta pengampunan Snowden dengan berkata, "Dia seharusnya kembali ke Amerika Serikat dan diadili oleh pengadilan negaranya -- tidak bersembunyi dibalik pemerintahan yang otoriter."

Sebelum ini, pengacara Snowden memang berkata pada majalah New York bahwa mereka ingin meminta pengampunan dari Obama sebelum dia melepas jabatannya sebagai presiden.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

4 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /