Begini Cara Membedakan Software Palsu dan Asli

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 30 Sep 2016 15:13 WIB
microsoft
Begini Cara Membedakan Software Palsu dan Asli
Microsoft mengumumkan cara untuk membedakan software palsu dan orisinal yang beredar di pasar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih maraknya peredaran software palsu di Indonesia menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi sejumlah pihak, tidak terkecuali Microsoft. Berdasarkan kekhawatiran tersebut, Microsoft mengumumkan cara membedakan kedua software tersebut.

"Peredaran software palsu di Indonesia masih cukup tinggi, karena masih banyak konsumen yang belum mengetahui perbedaan dan dampak berbahaya dari software ini. Juga karena masih banyak yang mengira software asli mahal," ujar Software Asset Management and Compliance Director Microsoft Indonesia, Sudimin Mina.

Sudimin juga menyebut, peredaran software palsu dapat berkurang, salah satunya dengan memeriksa kemasan software secara lebih teliti. Sebab menurutnya, kemasan fisik menjadi langkah pemeriksaan termudah yang dapat dilakukan oleh konsumen.

Secara kemasan fisik, Sudimin menyebut software orisinal dan palsu memiliki sejumlah perbedaan, seperti bahan pembungkus. Sejumlah software palsu ditemukan dipasarkan dalam kemasan plastik dengan kertas keterangan produk merupakan hasil fotocopy.

Selain plastik, kemasan lebih baik hadir dalam versi kotak. Konsumen dapat mengetahui keaslian software tersebut dengan memeriksa tersediaan stiker distributor pada kemasan. Sudimin juga menyebut stiker distributor pada kemasan software orisinal dapat berubah warna saat kemasan dimiringkan.

Konsumen juga perlu memeriksa ketersediaan buku panduan, serta terdapat hologram pada CD untuk mengetahui software tersebut orisinal atau palsu. Cakram software orisinal juga memiliki tanda panah yang dapat dilihat oleh mata dan dapat dirasakan saat disentuh.

Sudimin juga menyebut, konsumen dapat memeriksa keaslian software dengan mengunjungi situs Microsoft How to Tell setelah software terpasang di perangkat konsumen. Melalui situs ini, konsumen juga dapat memeriksa software telah diaktivasi atau belum.

Selain itu, Microsoft juga menyarankan konsumen untuk menghindari situs lelang dan situs peer-to-peer (P2P) file sharing, jika berencana membeli software Microsoft melalui proses unduh digital, untuk mencegah memperoleh software palsu.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /