Jepang Tuntut Apple Rp1,5 Triliun

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 16 Sep 2016 18:22 WIB
apple
Jepang Tuntut Apple Rp1,5 Triliun
Apple diminta untuk membayar kekurangan pajak di Jepang. (AP Photo / Mark Lennihan, File)

Metrotvnews.com: Apple di Jepang setuju untuk membayar JPY12 miliar (Rp1,5 triliun) setelah pihak berwajib menentukan bahwa mereka kurang membayar pajak, menurut laporan media lokal.

Badan Pajak Regional Tokyo meminta Apple untuk membayar setelah mereka menentukan bahwa Apple iTunes di Jepang telah mengurangi jumlah pajak yang mereka bayarkan berdasarkan pendapatan di Jepang, lapor Reuters dengan mengutip laporan dari NHK.

Laporan itu menyebutkan, cabang Jepang mengirimkan keuntungan yang mereka dapatkan dari biaya berlangganan dari pelanggan di Jepang ke cabang Apple lain di Irlandia untuk membayar lisensi software.

Seperti yang disebutkan oleh CNET, Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang mendapatkan untung dengan menyimpan uangnya di luar negeri.

Langkah ini memungkinkan perusahaan untuk menghindari pajak besar yang harus mereka bayarkan jika mereka memasukkan keuntungan yang mereka dapatkan ke AS

Kabar ini muncul dua minggu lebih setelah Uni Eropa menuntut Apple untuk membayar sebesar EUR13 miliar atau sekitar Rp192 triliun, menganggap perjanjian Apple dengan Irlandia adalah sesuatu yang ilegal. Namun, pemerintah Irlandia justru mendukung Apple untuk tidak membayar denda tersebut.


(MMI)

Video /