Ini Rumpun Motherboard MSI Z390

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 16 Oct 2018 19:38 WIB
msi
Ini Rumpun Motherboard MSI Z390
Motherboard MSI Z390.

Jakarta: Menjelang peluncuran keluarga prosesor terbaru Intel, Core i9 Coffee Lake pada 19 Oktober nanti, beberapa produsen motherboard telah mengumumkan produk baru yang berbasis chipset Intel Z390. Produk ini memang ditujukan untuk prosesor terbaru Intel itu.

MSI meluncurkan motherboard berbasis chipset Intel Z390 pada 8 Oktober lalu, bersamaan dengan munculnya bocoran tentang prosesor keluarga Core i9 dari Intel. Ini membuat MSI diklaim sebagai produsen motherboard pertama yang menyediakan motherboard untuk prosesor terbaru Intel. Di Indonesia, MSI baru memperkenalkan motherboard barunya hari ini, Selasa, 16 Oktober 2018.

"Pada motherboard chipset Intel Z390 dari MSI, kami memperkenalkan pembagian seri keluarga terbaru. Tujuannya adalah untuk memudahkan konsumen mengenali produk MSI agar sesuai dengan kebutuhan atau desain yang diingankan untuk PC mereka," ungkap Product Manager Components Division MSI Indonesia, Sukma Paulus.

Dari semua produk MSI, Paulus menyebut segmen motherboard MSI Z390 seri MEG berada di posisi paling premium. MEG yang merupakan akronim dari MSI Enthusiast Gaming hadir dengan desain dan performa terbaik. Di seri ini, MSI memperkenalkan MEG Z390 GODLIKE.

MEG Z390 GODLIKE hadir dengan desain menarik sekaligus fitur yang sangat lengkap. Performanya didukung VRM 17 Digital Power Phase, dual power connector dan fitur teknologi MSI Boost.

Fitur menarik lain dari motherboard ini adalah adanya live dashboard untuk menampilkan notifikasi dan informasi sistem motherboard. Selain MEG Z390 GODLIKE, MSI juga menyediakan MEG Z390 ACE.

Di bawah lini MEG, MSI menyediakan seri MPG (MSI Performance Gaming) yang juga memiliki tampilan menarik dan performa mumpuni untuk gaming.  Namun, jika dibandingkan dengan seri MEG, lini ini ada satu tingkat di bawahnya.

MSI merilis empat produk untuk debut seri MPG yakni MPG Gaming Pro Carbon, Pro Carbon AC, Gaming Edge AC, dan Gaming Plus. Tidak hanya itu, MSI juga menghadirkan MPG Z390M Gaming Edge AC dan MPG Z390I Gaming Edge AC. Selain hadir dengan tampilan yang masih menarik, lini MPG juga memiliki bentuk dan ukuran yang beragam.

Di kelas di bawah MPG, MSI memperkenalkan lini baru bernama MAG, yang merupakan singkatan dari MSI Arsenal Gaming. Lini ini memiliki tampilan militer khas seri MSI Tomahawk yang dilengkapi shroud atau cover komponen yang lebih menarik.

Sementara di segmen profesional atau bisnis, MSI masih menyediakan produk Z390-A Pro. Motherboard ini memadukan performa yang stabil dan perakitan berkualitas tinggi untuk pelaku bisnis.


(ELL)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.