Apple Kembali Menghimpun Data Pejalan Kaki di California

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 20 Nov 2018 14:04 WIB
apple
Apple Kembali Menghimpun Data Pejalan Kaki di California
Apple masih mengerahkan tim untuk menghimpun data guna memperbaiki performa Apple Maps.

Jakarta: Pada bulan Oktober lalu, muncul gambar pegawai Apple menggunakan tas punggung bertugas untuk mengumpulkan data pejalan kaki untuk Apple Maps sembari menyusuri jalan-jalan di San Fransisco.

Pegawai Apple tersebut turut membawa kamera dan sensor untuk menghimpun data, terlihat mencuat dari tas.

Seperti yang diunggah di situs Apple Maps, dari 26 November hingga 23 Desember, Apple tengah mengerahkan tim penghimpun data pejalan kaki di wilayah California, seperti Alameda, Los Angeles, San Fransisco, San Mateo, Santa Clara, dan Santa Cruz.

Selama musim panas lalu, Apple menyebut tengah membangun kembali aplikasi petanya dari awal, dan akan mengumpulkan data pemetaan sendiri, dan tidak membelinya dari perusahaan lain seperti TomTom.

Saat Apple Maps diluncurkan pada iOS 6, menggantikan Google Maps, aplikasi ini tampil pada performa terbaiknya. Dengan aplikasi yang menyediakan navigasi arah yang tidak tepat, menampilkan petunjuk jalan yang salah dan bahkan negara yang salah.

Kala itu, tidak banyak yang dapat dilakukan CEO Apple Tim Cook selain menyarankan pengguna untuk mengandalkan kompetisi, seperti Google Maps, hingga Apple mampu menyuguhkan performa terbaik Maps.

Sebagian besar pemilik perangkat iOS hingga saat ini masih menggunakan Google Maps untuk navigasi, dan Apple berharap dapat memenangkan hati pemilik perangkat tersebut dengan membangun kembali Apple dari awal, menggunakan data yang dihimpunnya sendiri.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.