Palapa Ring Tengah Tuntas Dibangun, Siap Uji Coba

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 24 Dec 2018 11:19 WIB
kominfotelekomunikasiproyek palapa ring
Palapa Ring Tengah Tuntas Dibangun, Siap Uji Coba
Menkominfo Rudiantara memaparkan proyek Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta. ( ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan paket Palapa Ring Tengah tuntas dibangun 100 persen.

Jaringan kabel serat optik sepanjang 2.9995 kilometer melintasi 17 kabupatan dan kota tersebut seusah siap untuk diuji.

Palapa Ring Tengah yang dibangun melintasi Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara itu terdiri atas kabel darat sepanjang 1.326,22 km kabel darat dan 1,787,06 km kabel laut.

Proyek yang bernilai Rp1,38 triliun itu memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai dengan 30 Mbps.

Pihak Kemenkominfo mengklaim bahwa titik lokasi yang dilalui jaringan Palapa Ring Tengah merupakan jalur aman bebas gempa. Paket ini dikerjakan oleh PT. LEN Telekomunikasi Indonesia yang memulai kontrak pada tanggal 4 Maret 2016.

Data dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), hingga saat ini terdapat 23 perusahaan yang menyampaikan minat untuk melakukan uji coba. Sebelumnya, Palapa Ring Paket Barat sudah rampung 100 persen pada bulan Maret 2018.



Adapun Palapa Ring Paket Timur, hingga bulan ini telah selesai 88,14 persen. Sebelumnya Menkominfo Rudiantara menyatakan bahwa pembangunan paket Palapa Ring Timur dihentikan sementara terkait kasus keamanan di sekitar lokasi persisnya di kawasan Nduga.

"Di Nduga sekarang karena situasi tidak memungkinkan akan dihentikan sementara," ujar Rudiantara dalam Konvensi Nasional Humas di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Desember 2018. Rudiantara juga tidak memberikan kapan tanggal pastinya proyek pengerjaaan dilanjutkan.

Pembangunan Palapa Ring dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau public private partnership (PPP). Pembiayaan yang diterapkan dengan skema availability payment, memungkinkan pemerintah memulai pembayaran penggantian modal yang ditanamkan investor setelah proyek beroperasi.

Pemerintah menggunakan dana universal service obligation (USO) untuk operasional Palapa Ring. Dana USO merupakan dana kontribusi perusahaan telekomunikasi dengan bobot 1,25 persen setiap kuartalnya.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.