Huawei Pamer EMUI 9.0, Pakai Android 9 Pie

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 05 Dec 2018 18:22 WIB
huawei
Huawei Pamer EMUI 9.0, Pakai Android 9 Pie
Huawei resmi memperkenalkan EMUI 9.0 berbasis Android 9.0 Pie di Indonesia.

Jakarta: Huawei resmi memperkenalkan generasi antarmuka pengguna terbaru karyanya, EMUI 9.0, berbasis sistem operasi Android 9.0 Pie di Indonesia. EMUI generasi terbaru ini mengusung sejumlah peningkatan guna mempermudah penggunaan.

Sebelumnya, EMUI 9.0 ini telah diperkenalkan kepada publik dunia pada awal bulan September lalu di Jerman. Smartphone unggulan terbaru Huawei, seri Mate 20 menjadi perangkat pertama yang menggunakan antarmuka pengguna terbaru ini.

"Berbagai fitur Artificial Intelligence (AI) dan produktivitas akan memberdayakan pengguna dan membuat mereka bisa mendapatkan manfaat lebih dari perangkat teknologi yang pernah ada," ujar Vice President Software Marketing Huawei Consumer Business Group Ryan Lui.

Lui turut menyebut bahwa update EMUI 9.0 juga akan tersedia pada seri P20 Pro, P20, Mate 10 Pro dan Mate 10. Melalui antarmuka pengguna baru ini, Huawei mencoba menghadirkan tampilan antarmuka lebih sederhana, namun diklaimnya lengkap.

Kesederhanaan tampilan tersebut dihadirkan EMUI 9.0 karena Huawei mengurangi jumlah opsi di menu Settings, dan menambahkan tab bertajuk Advanced sehingga pengguna dapat menampilkan opsi pengaturan lebih lengkap.

Dari sejumlah fitur, Huawei turut mengunggulkan dua cara penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) yaitu HiVision dan HiTouch. Dengan fitur HiVision, pengguna dapat mengarahkan kamera ke obyek yang dianggap menarik, untuk memperoleh informasi dari obyek tersebut.

Sementara itu, HiTouch memungkinkan pengguna melakukan pemeriksaan secara online dari situs penjual atau platform e-Commerce dari obyek yang dipotret dengan kamera atau pada hasil tangkapan layar atau screenshot.

Hingga saat ini, Lui menyebut, fitur HiTouch tersebut dapat mengenali sebanyak lebih dari 120 juta benda, 100 merek, dan memperoleh informasi dari lebih dari 200 platform e-Commerce atau situs penjual resmi.

Selain itu, EMUI 9.0 ini juga berbekal fitur one-click projection, memungkinkan pengguna menampilkan konten pada ponsel di layar berukuran besar, melakukan highlight dan merekam konten tersebut. Hasil perekaman juga dapat dibagikan melalui fitur berbagi baru Huawei, bertajuk Huawei Share.

Fitur Huawei Share ini memanfaatkan teknologi Bluetooth untuk mengirimkan file. EMUI 9.0 juga dapat berkemampuan melakukan back up dokumen ke kartu micro SD, USB atau Network Attached Storage (NAS).

Antarmuka pengguna generasi terbaru Huawei ini juga didukung kemampuan penyesuaian arah alignment dokumen, serta mengubah foto dan hardcopy menjadi file yang bisa disunting, berkat kombinasi aplikasi WPS dan HiAI.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.