Di Momen 12.12, Tokopedia Disuntik Rp16 Triliun

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 12 Dec 2018 15:46 WIB
tokopediae-commerce
Di Momen 12.12, Tokopedia Disuntik Rp16 Triliun
Tokopedia.

Jakarta: Momen festival belanja online 12.12 yang berlangsung hari ini biasanya ecommerce mengumumkan kesuksesan penjualannya. Tokopedia justru mengumumkan suntikan dana yang diterima dari dua venture capital besar.

Tokopedia mengumumkan perolehan pendanaan sebesar USD1,1 miliar atau senilai Rp16 triliun dari SofBank Vision Fund dan Alibaba Group.

"Dalam sembilan tahun pertama kami, Tokopedia fokus untuk membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital," ungkap CEO dan Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya.

"Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) dimana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline," imbuhnya.

"Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia dan mengakselerasi terwujudnya misi besar kami untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia," jelas William.

Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group, Kenny Ho, menuturkan bahwa perusahaannya memiliki misi yang sama dengan yang ditunjukkan Tokopedia.

Misi mereka adalah memudahkan siapapun untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja sehingga Alibaba Group mau mendukung pertumbuhan Tokopedia.

Performa dari layanan yang dihadirkan oleh Tokopedia juga disebut pihak SoftBank sebagai alasan memberikan suntikan dana kepada Tokopedia. Tokopedia dinilai sudah berhasil membantu jutaan UKM di Indonesia menjual produk secara digital ke seluruh pelosok nusantara.

"Tokopedia telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat, Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya," tutur Senior Investor SoftBank Investment Advisers dan Anggota Dewan Tokopedia, Lydia Jett.

Tokopedia mengklaim bahwa mereka sudah menjangkau 93 persen kecamatan di seluruh Indonesia di lebih dari 17.000 pulau. Tahun ini gross merchandise value (GMV) Tokopedia juga disebut meningkat hingga empat kali lipat dan 25 persen transaksi untuk jenis same-day delivery.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.