Samsung akan Rombak Antarmukanya Jadi One UI

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 08 Nov 2018 12:13 WIB
samsung
Samsung akan Rombak Antarmukanya Jadi One UI
Tampilan antarmuka One UI.

Jakarta: Selain memamerkan ponsel lipat, Samsung juga mengumumkan rencana mereka untuk meluncurkan antarmuka Android baru. Tampilan yang dinamai One UI ini menawarkan desain simpel yang akan membuat mata para pengguna tertuju pada "apa yang penting."

Antarmuka ini adalah penerus dari Samsung Experience, yang merupakan penerus dari TouchWiz, nama antarmuka pertama Samsung.

Salah satu fitur utama dari One UI ini adalah "Focus Blocks' yang akan mengelompokkan aplikasi-aplikasi serupa sehingga mereka lebih mudah untuk ditemukan.

Mengingat Samsung memiliki banyak ponsel dengan layar besar, seperti Galaxy S9+ dan Galaxy Note 9, One UI juga akan memudahkan pengguna untuk menggunakan ponsel berlayar lebar. 

Salah satu contoh aplikasi yang Samsung pamerkan adalah aplikasi Messages. Pada aplikasi itu, sepertiga dari layar akan menjadi bagian "viewing area" sementara sisanya adalah "interaction area".

Dengan begitu, Anda bisa mengetuk pesan pada bagian bawah dan pratinjau pesan akan muncul pada bagian atas layar, lapor Engadget

Salah satu perubahan lain adalah tombol Share yang kini diletakkan di bagian bawah layar sehingga lebih mudah dicapai oleh pengguna.

Sayangnya, masih belum diketahui perubahan apa lagi yang akan Samsung terapkan. Samsung mengklaim bahwa mereka telah merombak desain untuk memudahkan pengguna menjangkau apa yang mereka mau. 

Selain itu, Samsung juga akan menambahkan Night mode, yang menggunakan latar belakang berwarna hitam sehingga pengguna bisa membaca dengan lebih nyaman pada malam hari. Software baru Samsung ini juga bisa menyesuaikan warna tema dengan warna ponsel. Misalnya, Anda memiliki Galaxy Note 9 berwarna ungu, Anda bisa memilih warna tema yang sama. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.