Solusi Hitachi Vantara Agar Perusahaan Siap Hadapi Era Digital

M Studio    •    Rabu, 15 Nov 2017 14:43 WIB
corporate
Solusi Hitachi Vantara Agar Perusahaan Siap Hadapi Era Digital
Hitachi group President and CEO Toshiaki Higashihara. (Hitachi Vantara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai negara dengan tingginya penetrasi internet dan pertumbuhan kelas menengah, Indonesia merupakan pasar yang teramat menjanjikan bagi para pelaku bisnis fintech

Dengan populasi sejumlah 254 juta orang yang tersebar di 17.500 pulau di seluruh nusantara, bisnis fintech menjanjikan peluang yang menarik untuk ditelaah, terutama ketika uang tunai masih menjadi alat pembayaran yang paling dominan digunakan.

Pada tanggal 22 September 2017 lalu, Hitachi meluncurkan Hitachi Vantara, entitas bisnis baru Hitachi yang menawarkan solusi manajemen data bagi perusahaan komersial dan industri.

Hitachi Vantara mengelola data dari infrastruktur dasar untuk menyediakan analisis, sehingga perusahaan dapat memperoleh informasi yang relevan tentang bisnis dan konsumen secara real-time.

"Hitachi Vantara akan menjadi jembatan transformasi digital di industri perbankan dan institusi keuangan Indonesia dengan solusi teknologi modern yang mudah dan praktis digunakan," ujar Genady Chybranov, Direktur Inovasi Teknologi Keuangan di Hitachi Vantara.

"Dengan menyatukan kekuatan operasional Hitachi Data Systems, Hitachi Insight Group, dan Pentaho ke dalam satu unit bisnis terintegrasi, Hitachi Vantara menjadi jawaban akan tantangan industri dan permintaan akan inovasi sosial yang terus berkembang dari waktu ke waktu," tambahnya.

Tak hanya itu, Genady juga mengatakan bahwa bisnis fintech sudah seharusnya melek teknologi dan mampu menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Pasalnya, penerapan kecerdasan buatan memungkinkan bisnis fintech untuk mengakses informasi sebanyak mungkin. 


Genady Chybranov, Direktur Inovasi Teknologi Keuangan di Hitachi Vantara.

Dari informasi yang didapat, perusahaan bisa memahami setiap pengguna lebih jauh sehingga formulasi strategi bisnis dapat diarahkan secara lebih tepat pada kebutuhan pengguna.

"Kita bisa memperoleh banyak informasi dan meningkatkan wawasan dengan memahami data. Dengan hadirnya kecerdasan buatan, kita bisa mengerti isi data tersebut, sehingga dapat menginterpretasi kebiasaan pengguna," jelas Genady.

Di sanalah Hitachi Vantara berperan. Dengan kapasitas untuk berkolaborasi dengan perusahaan software kelas enterprise layaknya VMware dan SAP, Hitachi Vantara berkomitmen untuk membantu perusahaan fintech dalam melakukan analisa data para pengguna layanannya.

Dengan demikian, perusahaan fintech dapat mengetahui perilaku pengguna dan memahami apa yang benar-benar mereka butuhkan. Dari sanalah perusahaan bisa membuat beragam program dan kebijakan baru yang lebih bisa menyentuh pengguna secara langsung dan mendukung bisnis untuk berkembang lebih pesat.

Genady sendiri memiliki pengalaman lebih dari 13 tahun di dalam bidang teknologi baru dan ilmu inovasi. Selain itu, Genady juga tengah terlibat dalam beberapa proyek fintech, dengan pemanfaatan teknologi seperti biometrik dan blockchain untuk meningkatkan efisiensi perbankan menjadi fokus utamanya. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.