Samsung Indonesia Next Apps 4.0 Tampung 1.600 Developer Lokal

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 09 Oct 2017 15:40 WIB
teknologisamsungstartup
Samsung Indonesia Next Apps 4.0 Tampung 1.600 Developer Lokal
Samsung INA 4.0 resmi digelar di Jakarta, Senin (9/10/2017)

Metrotvnews.com, Jakarta: Samsung Indonesia kembali menggelar acara tahunan Indonesia Next Apps sebagai panggung untuk developer lokal. Indonesia Next Apps (INA) 4.0 merupakan ajang tahunan ke-4 yang digelar Samsung dengan dukungan dari Kemkominfo, Kemenperin, dan BEKRAF.

"Ajang tahun ke-4 ini adalah komitmen kami untuk meningkatkan kualitas developer lokal. Tidak hanya mampu menciptakan aplikasi saja tetapi menciptakan aplikasi yang menjawab kebutuhan masyarakat terutama industri di bidang teknologi yang saat ini juga sedang berkembang pesat," tutur Corporate Affair Vice President SEIN, KangHyun Lee.

Sebagai sebuah acara tahunan ke-4, Lee menyimpulkan bahwa developer Indonesia sangat mengapresiasi kesempatan yang disediakan oleh Samsung, yang dahulu mungkin kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

Dari 8 kota yang dikunjungi, yaitu Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan, dan Makassar, diperoleh 1.600 developer yang mengajukan aplikasinya ke INA 4.0. Disebutkan bahwa ada 20 finalis yang berhasil masuk ke tahap penjurian.

"Hal ini menandakan bahwa developer di Indonesia sadar bahwa mereka punya potensi yang besar ketimbang menjadi konsumen saja mereka bisa jadi kreator," ungkap Lee

Menkominfo RI, Rudiantara, mengaku bahwa ajang seperti ini menjadi kesempatan baik di kalangan industri, pemerintah, dan komunitas developer untuk duduk bersama dan berdiskusi. Harapannya, ajang seperti ini tidak berhenti dilaksanakan, setiap peserta yang ikut serta diberdayakan usai ajang ini.

"Kalau 1.600 developer ini kalau buat Singapura mungkin besar, tapi kalau di Indonesia masih sangat kecil. Jadi kalau bisa setiap tahun jumlahnya diperbanyak apalagi kalau nanti broadband internet sudah masuk ke semua kabupaten di Indonesia," tutur Rudiantara.

Di ajang INA 4.0, ada empat kategori platform yang diperlombakan, mulai dari Samsung SDK (Software Development Kit), Tizen Wearable, Tizen Smartphone, dan Gear VR. Nantinya, tiga juara di tiap kategori akan diganjar hadiah sebesar Rp600 juta.

Satu kategori lainnya yang menjadi fokus utama dari ajang ini adalah tantangan menciptakan solusi bagi permasalahan industri lewat kategori Tantangan Industri. Para developer diminta  menciptakan solusi bagi mitra industri yang digandeng Samsung, seperti  BRI, Sinarmas Land, Jakarta Smart City, Angkasa Pura, dan IBM.


(MMI)

Video /