Google Perkenalkan Files Go, Manager File Gratis untuk Android

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 07 Nov 2017 07:37 WIB
google
Google Perkenalkan Files Go, Manager File Gratis untuk Android
Google Files Go, aplikasi Android gratis ditujukan untuk membantu pengguna mengelola ruang penyimpanan di smartphone.

Metrotvnews.com: Google memperkenalkan Files Go, aplikasi Android gratis yang diklaim dirancang membantu pengguna mengelola ruang penyimpanan lebih cerdas, dan menjaga ponsel lebih rapi dan terorganisir. Aplikasi tersebut belum resmi diluncurkan, namun telah tercantum di Google Play.

Aplikasi ini dilaporkan kompatibel dengan perangkat bersistem operasi Android 5.0 Lollipop dan seterusnya. Saat ini, Google Files Go tersedia hanya sebagai bagian dari program akses awal, dengan kapasitas anggota yang telah mencapai batas. Files Go merupakan manager file pertama Google yang memiliki aplikasi khusus di Play Store.

Sejumlah fitur yang diusung Google Files Go termasuk kemampuan berbagi file dengan teman secara offline, cara cepat untuk menemukan dokumen dan saran cerdas terkait untuk membebaskan ruang penyimpanan. Nama Files Go mengindikasikan aplikasi ini terkait dengan Android Go.

Android Go merupakan inisiatif Google yang bertujuan menyediakan pengalaman Android pada ponsel cerdas di segmen bawah. Namun, hal ini tidak berarti pengguna tidak dapat mencoba Files Go di perangkan segmen high-end.

Dalam ajang PlayTime 2017 di Singapura lalu, Google juga mengajak pengembang melakukan persiapan dalam menyambut kehadiran Android Go di masyarakat luas. Sebab, Google berencana meluncurkan Android Go dalam waktu beberapa bulan mendatang.

Sementara itu, versi preview pengembang Android 8.1 telah tersedia untuk Google Pixel dan Nexus. Update Android 8.1 menghadirkan sejumlah perubahan seperti menjadikan proses gulir dan pengalaman penggunaan secara keseluruhan lebih mulus.

Namun, update ini masih dalam preview, sehingga belum dapat disebut sebagai versi akhir, sehingga disarankan untuk menunggu versi akhir resmi dari Android 8.1 ini tersedia di perangkat Android.


(MMI)