Google Perkenalkan Files Go, Manager File Gratis untuk Android

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 07 Nov 2017 07:37 WIB
google
Google Perkenalkan Files Go, Manager File Gratis untuk Android
Google Files Go, aplikasi Android gratis ditujukan untuk membantu pengguna mengelola ruang penyimpanan di smartphone.

Metrotvnews.com: Google memperkenalkan Files Go, aplikasi Android gratis yang diklaim dirancang membantu pengguna mengelola ruang penyimpanan lebih cerdas, dan menjaga ponsel lebih rapi dan terorganisir. Aplikasi tersebut belum resmi diluncurkan, namun telah tercantum di Google Play.

Aplikasi ini dilaporkan kompatibel dengan perangkat bersistem operasi Android 5.0 Lollipop dan seterusnya. Saat ini, Google Files Go tersedia hanya sebagai bagian dari program akses awal, dengan kapasitas anggota yang telah mencapai batas. Files Go merupakan manager file pertama Google yang memiliki aplikasi khusus di Play Store.

Sejumlah fitur yang diusung Google Files Go termasuk kemampuan berbagi file dengan teman secara offline, cara cepat untuk menemukan dokumen dan saran cerdas terkait untuk membebaskan ruang penyimpanan. Nama Files Go mengindikasikan aplikasi ini terkait dengan Android Go.

Android Go merupakan inisiatif Google yang bertujuan menyediakan pengalaman Android pada ponsel cerdas di segmen bawah. Namun, hal ini tidak berarti pengguna tidak dapat mencoba Files Go di perangkan segmen high-end.

Dalam ajang PlayTime 2017 di Singapura lalu, Google juga mengajak pengembang melakukan persiapan dalam menyambut kehadiran Android Go di masyarakat luas. Sebab, Google berencana meluncurkan Android Go dalam waktu beberapa bulan mendatang.

Sementara itu, versi preview pengembang Android 8.1 telah tersedia untuk Google Pixel dan Nexus. Update Android 8.1 menghadirkan sejumlah perubahan seperti menjadikan proses gulir dan pengalaman penggunaan secara keseluruhan lebih mulus.

Namun, update ini masih dalam preview, sehingga belum dapat disebut sebagai versi akhir, sehingga disarankan untuk menunggu versi akhir resmi dari Android 8.1 ini tersedia di perangkat Android.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.