Studi: Pengguna Android Lebih Setia dari iOS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 09 Mar 2018 11:37 WIB
appleandroidgoogleios
Studi: Pengguna Android Lebih Setia dari iOS
Pengguna Android sedikit lebih setia dari pengguna iOS.

Jakarta: Pengguna Android lebih setia dari pengguna iOS, menurut riset baru yang diadakan oleh CIRP (Consumer Intelligence Research Partners).

Studi itu juga menunjukkan bahwa kesetiaan pengguna iOS dan Android telah menjadi stabil sejak awal 2016. Tingkat loyalitas pengguna juga sudah mencapai tingkat tertinggi. 

Kesetiaan Android berada pada level 89-91 persen, sementara loyalitas iOS pada 85-88 persen selama periode yang dimulai pada Januari 2016 sampai Desember 2017. Pada awalnya, pengguna Android sebenarnya tidak selalu setia. Namun, mereka mulai menjadi setia pada 2014. 



"Kesetiaan pengguna Android kini sedikit lebih tinggi dari pengguna iOS,' kata Josh Lowitz, rekan dan salah satu pendiri CIRP dalam pernyataan resmi.

"Lama kelamaan, tingkat kesetiaan Android meningkat, seiring dengan bertambahnya aplikasi, musik dan video yang tersedia di sistem operasi itu dan pengalaman penggunaan di kedua platform yang menjadi semakin mirip.

"Pengguna Android juga diuntungkan dengan banyaknya jenis ponsel dari manufaktur yang berbeda, jadi mereka bisa mengganti ponsel tanpa harus belajar menggunakan sistem operasi yang baru."

Sekarang tingkat kesetiaan pengguna Android dan iOS telah stabil, Apple dan Google harus fokus untuk menarik pengguna pesaingnya menjadi pengguna sistem operasi buatannya, lapor ZDNet.

"Kesetiaan untuk Android dan iOS meningkat pada 2015, sampai 2016, ketika loyalitas itu menjadi stabil untuk kedua sistem operasi," kata Mike Levin, rekan dan salah satu pendiri CIRP.

"Tingkat loyalitas ini tertinggi yang pernah kita lihat, sekitar 85-90 persen sepanjang waktu."

"Hanya dengan adanya dua sistem operasi, tampaknya pengguna akan memilih salah satu, belajar mengunakannya, mencari aplikasi yang sesuai dengan setia menggunakannya. Sekarang, Apple dan Google harus menemukan cara untuk mengetahui bagaimana menjual produk dan layanan pada pengguna setia tersebut."


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.