Sesaat, Microsoft Jual Ponsel Lumia Lagi

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 27 Feb 2018 08:47 WIB
microsoftmicrosoft lumia
Sesaat, Microsoft Jual Ponsel Lumia Lagi
Microsoft mulai kembali menjual smartphone Lumia bersistem operasi Windows Phone di toko ritelnya.

Jakarta: Microsoft mulai menjual kembali ponsel Lumia Windows di toko ritel miliknya pada awal bulan ini. Sebelumnya, raksasa software ini menghilangkan perangkat Lumia dari toko ritel miliknya pada bulan Juni 2017 lalu.

Namun ketika itu, Microsoft menyisakan HP Elite x3 dan Alcatel Idol 4S di toko ritelnya sebagai pilihan bagi penggemar Windows Phone. Kini, Lumia 950 tersedia dengan harga USD399 (Rp5,5 juta). Sementara itu, Lumia 950 XL ditawarkan seharga USD499 (Rp6,8 juta) dan Lumia 650 seharga USD199 (2,7 juta), serta Lumia 550 seharga USD139 (Rp1,9 juta).

Microsoft mengakui bahwa era kejayaan Windows Phone telah berakhir pada bulan Oktober lalu. Pengakuan Microsoft ini dinilai membingungkan saat itu. Ketika Microsoft kembali mulai menjual ponsel Lumia, meski tidak lama, juga tidak membantu menghilangkan kebingungan terkait kematian perlahan dari Windows Phone.

Tidak lama setelah ponsel Lumia kembali muncul di situs ritel resmi Microsoft, ponsel-ponsel itu kembali disebutkan "tidak tersedia". Kemungkinan, ponsel Lumia tersebut memang seharusnya tidak kembali dijual. Satu hal yang pasti, kini Microsoft Lumia resmi telah tidak ada.

Walaupun begitu, tampaknya, Microsoft masih tertarik untuk membuat perangkat mobile. Pada akhir tahun lalu, sempat beredar rumor bahwa Microsoft tengah mengembangkan tablet yang bisa dilipat. Ketika itu, tablet ini dikabarkan akan diluncurkan pada tahun 2018. 

Sementara informasi terbaru terkait dengan paten Microsoft yang beredar menampilkan engsel yang memungkinkan layar terbuka dari 0 derajat hingga 360 derajat.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.