iPhone X Laku, Samsung yang Untung

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 03 Oct 2017 16:43 WIB
applesamsungiphone x
iPhone X Laku, Samsung yang Untung
Bisnis komponen Samsung dilaporkan akan mendapatkan keuntungan besar dari setiap iPhone X yang terjual.

Metrotvnews.com: Samsung dilaporkan akan memperoleh keuntungan sebesar USD110 (Rp1,4 juta) dari setiap Apple iPhone X yang terjual. Keuntungan tersebut akan didapatkan oleh divisi Samsung yang bertanggung jawab untuk menciptakan komponen smartphone.

The Wall Street Journal melaporkan, keuntungan itu tidak berasal dari Samsung Electronics, produsen smartphone jajaran Galaxy yang lebih banyak dikenal sebagai bagian dari perusahaan asal Korea Selatan itu oleh sebagian besar masyarakat.

Selain itu, The Wall Street Journal memprediksi bahwa keuntungan Samsung dari iPhone X diperkirakan akan berjumlah besar, dan mampu berkontribusi terhadap pendapatan perusahaan hingga USD4 miliar (Rp 54 triliun), lebih tinggi dari produksi komponen untuk Galaxy S8.

Samsung menjadi satu-satunya perusahaan yang dapat menciptakan layar OLED, flash NAND, dan chip DRAM dalam kuantitas yang dibutuhkan Apple untuk iPhone. Sementara iPhone merupakan pendorong keuntungan utama bagi perusahaan berbasis di Cupertino, Amerika Serikat tersebut.

Pemesanan komponen oleh Apple ini memegang peranan besar dalam bisnis komponen Samsung, berkontribusi sebesar 35 persen dari pendapatan perusahaan. Hal ini tergolong unik mengingat Apple dan Samsung merupakan kompetitor utama di ranah smartphone.

Sementara itu, Samsung mengumumkan bahwa mereka membangun laboratorium untuk kecerdasan buatan di Montreal, Kanada. Hal tersebut menjadi wujud komitmennya terhadap pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.