Kepolisian Tiongkok Pakai Kacamata Canggih untuk Kenali Orang

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 08 Feb 2018 08:42 WIB
teknologicyber security
Kepolisian Tiongkok Pakai Kacamata Canggih untuk Kenali Orang
Petugas kepolisian di Tiongkok menggunakan kacamata dengan kamera video yang dilengkapi facial recognition.

Jakarta: Pemerintah Tiongkok sangat ketat mengawasi setiap warga negaranya. Kini KepolisianTiongkok menggunakan sebuah kacamta canggih untuk mengawasi setiap orang.

Dikutip dari Endgadget, kacamata buatan LLVision Technology Co. yang berbasis di Beijing dilengkapi sebuah kamera serta teknologi facial recognition atau pemindai wajah.

Dengan terhubung ke database milik pemerintah, kini petugas kepolisian bisa mengenali orang yang sedang dicari atau mereka yang menggunakan indentitas palsu. 

Selama penggunaan, kepolisian setempat sudah berhasil menangkap 7 orang warganya yang berkaitan dengan kasus kriminal dan 26 orang yang menggunakan identitas palsu. Dijelaskan bahwa kacamta ini bisa membaca 10.000 database warga negara dalam waktu kurang dari 1 detik.



Awalnya, kacamata buatan LLVision Technology Co. ditujukan untuk perangkat wearable kamera video layaknya kacamta Spectacles buatan Snapchat. Kini kacamata tersebut tidak lagi dijual untuk umum, melainkan hanya untuk kepolisian setempat.

CEO LLVision Technology Co. menuturkan kecanggihan teknologi kacamatanya adalah dia tidak bergantung kepada cloud saat melakukan pemindaian wajah, melainkan setiap kepolisian yang menggunakan dilengkapi dengan hand-held device, sehingga proses pemindaian wajah jauh lebih cepat.

Tidak diketahui berapa banyak petugas kepolisian yang sudah menggunakan kacamata canggih ini, tapi media lokal Tiongkok menyebutkan petugas yang menggunakannya berjaga di lokasi fasilitas umum seperti bandara dan stasiun kereta api.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.