Investor Facebook Bikin Harga Bitcoin Meroket

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 03 Jan 2018 16:05 WIB
bitcoinfacebook
Investor Facebook Bikin Harga Bitcoin Meroket
Peter Thiel, Pendiri PayPal sekaligus investor pertama Facebook di awal berdirinya.

Jakarta: Mata uang kripto seperti Bitcoin memang sedang naik daun. Nilainya bisa meningkat dan jatuh dalam hitungan jam.

Tidak stabilnya mata uang kripto membuat beragam pihak ragu untuk memiliki bahkan membelinya dalam jumlah banyak. Hari ini, nilai Bitcoin dikabarkan CNBC meningkat drastis setelah pendiri PayPal sekaligus investor awal Facebook Peter Thiel membeli Bitcoin dalam jumlah besar hingga jutaan dollar AS.

Pembelian Bitcoin tersebut dilakukan Peter Thiel lewat perusahaan modal atau VC bernama Founders Fund yang didirikannya di San Fransisco. Disebutkan, angka pembelian Bitcoin yang dilakukan mencapai USD20 juta atau Rp269 miliar, namun tidak diketahui kapan persisnya pembelian dilakukan.

Pembelian dalam jumlah besar tersebut membuat nilai Bitcoin melambung hingga 13,5  persen mendekati nilai USD15.017 atau Rp202 juta berdasarkan laporan Coinbase, situs jual beli mata uang kripto atau digital.

Dalam sebuah acara investasi yang digelar di Arab Saudi, Thiel pernah menuturkan betapa optimistisnya dia dengan mata uang kripto, tapi dia hanya percaya dengan Bitcoin. Dia menyayangkan sikap skeptis orang-orang terhadap mata uang kripto.

Thiel menuturkan dirinya menilai mata uang kripto itu sebanding dengan emas, tapi tidak digunakan untuk pembayaran. Apalagi dengan sifat mata uang kripto yang bisa diperoleh dengan cara menambang, lagi-lagi seperti emas.

Dilaporkan sumber lainnya, Bloomberg, Thiel sudah mulai melakukan investasi dengan membeli mata uang kripto sejak tahun 2012. Bahkan Thiel juga berinvestasi cukup besar pada startup blockchain untuk mendukung ekosistem mata uang kripto, sehingga bisa digunakan dengan aman dan sah dalam transaksi.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.