Samsung Beli Asisten Personal Viv

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 07 Oct 2016 16:15 WIB
samsung
Samsung Beli Asisten Personal Viv
Samsung mengakuisisi asisten digital pribadi buatan kreator Siri, bernama Viv.

Metrotvnews.com: Popularitas Siri mendorong kreatornya untuk menciptakan versi lain dari asisten digital pribadi tersebut, bernama Viv. Asisten digital pribadi ini diklaim lebih mampu memahami perintah yang lebih rumit dan bahasa ibu penggunanya.

Viv juga diklaim dapat menyuguhkan jawaban dari pertanyaan yang tidak dapat ditangani oleh Siri ataupun Google Now, seperti pertanyaan terkait cuaca di dua hari yang lalu, di lokasi pengguna. Viv juga dapat berfungsi dengan layanan pihak ketiga, memungkinkan pengguna melakukan sejumlah kegiatan seperti mengirimkan uang ke teman ataupun memesan bunga secara online.

Samsung dilaporkan mengetahui keberadaan Viv dan memutuskan untuk membeli Viv Labs, perusahaan baru yang didirikan kreator Siri, dua tahun setelah asisten digital pribadi tersebut dibeli oleh Apple. Viv diposisikan sebagai pesaing untuk Siri, Google Now, dan Cortana.

Sementara itu, co-founder Viv, Dag Kittlaus menyebut Viv menyambut baik tawaran Samsung, sebab perusahaan asal Korea Selatan tersebut mampu mendistribusikan 500 juta perangkat per tahunnya. Selain itu, Kittlaus juga menyebut kemampuan Samsung tersebut sesuai dengan tujuannya terkait dengan eksistensi Viv.

Namun, saat disinggung soal nilai akuisisinya, Kittlaus enggan mengungkap harga yang diterima Viv Labs dari Samsung. Samsung juga mengaku akuisisi Viv ini dapat menghadirkan pengalaman layanan baru yang lebih baik untuk pengguna perangkatnya.

Menurut Samsung, pengalaman layanan lebih baik dapat dihadirkannya berkat kemampuan Viv untuk menyederhanakan antarmuka pengguna, memahami konteks yang diungkap pengguna dan menawarkan saran dan rekomendasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.

Samsung diperkirakan tidak hanya akan mengintegrasikan Viv di perangkat mobile miliknya, tapi juga pada produk lainnya. Perusahaan ini juga akan dapat memutuskan untuk menjadikan Viv sebagai fitur yang membedakan perangkat Androidnya dari perangkat lainnya.

Sementara itu, Phone Arena menilai, akuisisi ini menjadi langkah besar bagi Viv untuk memasuki ranah asisten digital personal, dengan kemampuan yang ditawarkannya. Sebab saat ini, pada iOS 10, Siri juga memiliki akses ke pengembang pihak ketiga yang memungkinkan pengguna melakukan reservasi tempat via fitur tersebut.

Sedangkan Google hadir sebagai perusahaan yang tengah mengembangkan platform asisten pribadi paling menarik, yang memanfaatkan Google Assistant. Kehadiran Viv juga diperkirakan sebagai cara Samsung untuk meningkatkan penjualan perangkatnya yang sempat menurun, terkait dengan pemberitaan soal Galaxy Note 7.


(MMI)