Obat Penyembuh Kanker Ada di Big Data?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 08 Sep 2016 22:22 WIB
teknologi
Obat Penyembuh Kanker Ada di Big Data?
Presiden Obama dukung program Moonshot untuk temukan obat kanker lewat jaringan online.

Metrotvnews.com: Sejumlah rekomendasi diumumkan dari panel yang dibentuk oleh Gedung Putih sebagai bagian dari program Cancer Moonshot Presiden Obama. Tujuan program ini adalah untuk mendekatkan temuan obat dan mencapai tujuan tersebut dalam lima tahun.

Pada laporan lengkapnya, satu dari tiga tujuan tersebut akan diumumkan pada tahun ini, mengusung 10 rekomendasi. Rekomendasi ini dilengkapi berbagai penelitian baru, seperti terkait dengan imunoterapi dan penyebab kanker pada anak-anak.

Selain itu, rekomendasi ini juga berisi penemuan cara untuk meminimalisir efek samping dari pengobatan kanker. Namun, data polling menjadi komponen terbesar, yang terdapat pada beberapa rekomendasi, seperti yang dilaporkan Fast Company.

Selain peneliti dari rumah sakit dan universitas yang mayoritas menjadi anggota, panel ini juga terdiri dari sejumlah anggota pemerintahan dan eksekutif dari sektor swasta. Salah satu anggota yang disebutkan pada laporan tersebut adalah Wakil Presiden Joe Biden.

Peneliti melakukan percobaan klinis dengan mengadakan polling via jaringan online. Jaringan ini turut membantu keterlibatan pasien kanker yang tinggal berjauhan dari institut penelitian elit. Program ini serupa dengan yang diselenggarakan oleh Broad Institute dan Dana-Farber Cancer Center di Boston.

Percobaan ini juga mirip dengan program PatientCrossroads untuk lebih dari 60 kondisi, seperti penyakit Lyme, kanker ginjal, dan hypertriglyceridemia. Proposal yang dinilai paling ambisius adalah rekomendasi untuk membangun ekosistem data kanker.

Ekosistem ini akan menghubungkan database pasien dari seluruh Amerika Serikat, seperti yang tersimpan di universitas, nonprofit, dan institusi pemerintahan. Hal ini memungkinkan peneliti untuk mengakses informasi seperti laporan biopsi di luar institusi mereka.

Salah satu hal yang diusung proposal tersebut terkait dengan kanker sebagai penyebab kematian pada anak. Kanker ini dinilai memerlukan penelitian lebih mendalam, karena penyakit yang ditemukan pada anak ini berbeda dari orang dewasa.

Program ini mendapatkan perhatian dan dukungan dari Presiden Amerika Serikat ini, dengan mengajukan dana alokasi tambahan untuk program Moonshot ini sebesar USD1 miliar, pada Februari lalu. Namun, dukungan berbeda ditunjukan oleh anggota kongres, yang menghabiskan waktu hampir sepanjang tahun memperdebatkan pendanaan terkait virus Zika.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

2 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /