Ini Kelebihan Prosesor A10 di iPhone 7

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 08 Sep 2016 14:49 WIB
appleiphone 7
Ini Kelebihan Prosesor A10 di iPhone 7
iPhone 7 gunakan prosesor A10 terbaru

Metrotvnews.com: Apple baru saja merilis ponsel terbarunya, yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Keduanya dikatakan hadir dengan prosesor A10 baru yang mampu menghadirkan performa lebih baik dari prosesor A9 yang digunakan di iPhone 6s.

Menariknya, prosesor A9 sendiri diklaim oleh Apple sebagai prosesor dengan performa kelas desktop dengan performa 70 persen dari prosesor A8. Lalu bagaimana performa prosesor A10 jika dibandingkan dengan pendahulunya?

Saat peluncuran iPhone 7 malam tadi, Apple mengklaim prosesor A10 memiliki performa 40 persen lebih kencang dari prosesor A9 yang digunakan di iPhone 6s. Prosesor ini juga membuat iPhone 7 memiliki performa 120 kali lebih kencang dari iPhone pertama.

Kelebihan prosesor A10 tidak hanya sampai disitu. Prosesor ini memiliki empat core dengan arsitektur 64-bit. Uniknya, dua dari empat core pada A10 merupakan "high efficiency core" yang berjalan dengan konsumsi daya sangat rendah, yaitu hanya 20 persen dari daya core utamanya. High efficiency core hadir untuk menjalankan aplikasi yang tidak perlu membutuhkan banyak performa. Hasilnya, konsumsi daya dapat ditekan dan iPhone 7 mampu menyala lebih lama.

Prosesor A10 juga memiliki GPU atau chip grafis baru. Keberadaan GPU baru pada prosesor A10 akan membuat game dengan kualitas grafis konsol bisa ditampilkan di iPhone 7. Dalam presentasinya tadi malam, Apple juga sempat memperlihatkan beberapa game di iPhone 7.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sendiri bisa dipesan pada tanggal 9 September besok. Sementara untuk harganya, Apple membanderol iPhone 7 mulai dari USD649. Sementara iPhone 7 plus dibanderol mulai dari USD769. Keduanya akan hadir dalam varian kapasitas mulai dari 32GB hingga 256GB.


(MMI)

Video /